Cara Menggunakan Google Hangout di Laptop yang Mudah

Google Hangout merupakan layanan gratis dari Google yang bisa digunakan untuk chatting ataupun panggilan video. Jika ingin menggunakan layanan ini, maka Anda hanya perlu menggunakan akun Google pribadi untuk mendaftar. Bagi para pemula, simak deh cara menggunakan Google Hangout di laptop berikut.

Sebagai informasi, Google Hangout sudah dikembangkan Google sejak tahun 2013 lalu, dan hingga sekarang ini masih menjadi pilihan favorit beberapa kalangan. Dan di masa pandemi sekarang ini aplikasi meeting virtual semakin diminati dan salah satunya adalah Google Hangout. Selain bisa diakses lewat smartphone android, Google Hangout ternyata juga bisa diakses melalui laptop.

Lantas, bagaimana cara menggunakan Google Hangout di laptop tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Menggunakan Google Hangout di Laptop

Seperti yang kita tahu, Google Hangout merupakan layanan dari Google yang bisa digunakan untuk chattingan, melakukan panggilan suara dan juga panggilan video. Layanan ini sendiri memungkinkan diakses di perangkat apa saja, termasuk perangkat laptop. Hanya saja, untuk mengaksesnya Anda perlu menghubungkan laptop ke jaringan internet.

Namun, ternyata masih banyak pengguna yang belum tahu cara menggunakan Google Hangout di laptop atau PC. Tidak perlu bingung karena pada artikel kali ini kami akan membahasnya secara lengkap. Berikut ini langkah-langkah menggunakan Hangout di laptop untuk berkirim pesan dan panggilan video, yakni:

  1. Langkah yang pertama Anda buka browser di laptop dan kunjungi situs Google Hangout melalui LINK INI. https://hangouts.google.com/
  2. Selain itu Anda juga bisa mengakses Hangout melalui Gmail dan ekstensi Google Hangout di Google Chrome.
  3. Pada halaman situs Google Hangout, selanjutnya Anda login menggunakan akun Google pribadi.
  4. Diasumsikan Anda sudah bisa login ke akun Hangout. Untuk memulai percakapan atau chatting, Anda klik tombol + Percakapan baru, kemudian cari akun Hangout teman yang ingin diajak chattingan. Mengundang teman bisa dengan memasukkan nomor telepon, alamat email, dan nama mereka.
  5. Setelah berhasil dipilih, sekarang Anda sudah bisa mulai berkirim pesan.
  6. Sementara untuk melakukan panggilan suara, Anda klik ikon Telepon yang ada di menu sebelah kiri.
  7. Kemudian tekan tombol Percakapan Baru, dan masukkan nomor telepon seseorang yang ingin Anda hubungi.

Cara Menggunakan Google Hangout Meet

Cara di atas hanya menjelaskan langkah-langkah untuk chattingan dan teleponan di Hangout melalui perangkat laptop. Lalu, bagaimana dengan cara meeting virtual di Google Hangout? Untuk cara ini Anda bisa memanfaatkan fitur Google Hangout Meet yang juga disediakan secara gratis oleh Google.

Untuk langkah-langkah menggunakan Google Hangout Meet selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama Anda buka browser dan kunjungi situs Google Hangout Meet melalui LINK INI.https://meet.google.com/
  • Pada halaman situs tersebut Anda klik tombol Join or Start a Meeting.
  • Di sini Anda bisa mulai membuat ruang meeting dengan menulis judul atau kode rapat / meeting. Jika memang tidak ingin membuat judul meeting, maka Anda bisa mengosongkannya.
  • Nantinya situs akan meminta izin akses untuk kamera dan microfon laptop dan Anda perlu mengizinkannya.
  • Kalau sudah, sekarang lanjut klik tombol Join Now jika ingin membuat ruang meeting virtual. Sementara untuk membuat presentasi, Anda klik tombol Present.
  • Sekarang ruang meeting virtual sudah dibuat dan siap untuk digunakan. Lanjut dengan mengundang teman untuk bergabung di ruang meeting dengan mengirimkan link video conference kepada mereka dan mereka bisa langsung klik link tersebut untuk bergabung.

Itulah tadi cara menggunakan Google Hangout di Laptop untuk chattingan, panggilan suara dan panggilan video bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.