Cara Menghilangkan Virus Kaspersky di Laptop Terampuh

Sebagai pengguna laptop sudah seharusnya Anda melakukan perawatan pada perangkat tersebut akan performanya tetap maksimal. Salah satu masalah yang paling sering menimpa pada laptop adalah virus. Virus ini sendiri sering menyerang laptop dan juga perangkat lain yang sering dihubungkan dengan perangkat tersebut, misalnya saja flashdisk. Sehingga, mengetahui cara menghilangkan virus kaspersky di laptop sangatlah penting.

Flashdisk sendiri memang sangat rentan terkena virus, apalagi jika Anda sering menancapkannya di berbagai komputer atau laptop berbeda secara sembarangan. Salah satu jenis virus yang sering menyerang flashdisk adalah virus Kaspersky.

Keberadaan virus ini cukup mengganggu pengguna, pasalnya ia membuat data di flashdisk tidak terbaca. Lantas, bagaimana cara menghilangkan Virus Kaspersky tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini!

Cara Menghilangkan Virus Kaspersky di Laptop

Virus Kaspersky atau Kaspersky Internet Security memang seringkali menyerang perangkat flashdisk. Anda harus segera menghapusnya agar tidak membuat kondisi flashdisk semakin parah. Adanya virus ini akan membuat semua data yang tersimpan di flashdisk tidak bisa terbaca sama sekali.

Tidak hanya ditemukan di flashdisk, terkadang virus Kaspersky Internet Security ini juga bisa ditemukan di drive laptop. Adapun cara menghilangkan virus Kaspersky di laptop selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama Anda tancapkan flashdisk yang terkena virus dan buka jendela Task Manager di laptop Windows. Caranya klik kanan di Task Bar, kemudian klik Task Manager. Atau bisa juga dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Del, kemudian pilih Task Manager.
  2. Pada jendela Task Manager yang ditampilkan, selanjutnya Anda masuk ke tab Process.
  3. Kemudian cari program Explorer.exe atau Windows Explorer. Anda klik kanan pada program tersebut, lalu pilih Open File Location.
  4. Di layar akan tampil jendela Windows Explorer, namun kosong tidak ada isinya. Ini karena semua data sudah tersembunyi akibat dari virus Kaspersky tadi.
  5. Sekarang Anda munculkan file tersembunyi dengan klik tombol Organize yang ada di pojok kiri atas, kemudian pilih opsi Folder and Search Options. Pada jendela Folder Options yang muncul, Anda klik pada tab View. Cari opsi Hidden File and Folders, Anda atur ke pilihan Show Hidden Files, Folders, and Drivers, kemudian klik OK.
  6. Nantinya di jendela Windows Explorer yang semula kosong akan tampil beberapa file, seperti readmet.txt, explorers.exe, logo.png, spoolsvc.exe dan juga taskhost.exe.
  7. Buka lagi Task Manager, dan klik pada program explorer.exe tadi, kemudian pilih End Process.
  8. Sementara pada Windows Explorer, Anda harus semua file yang sudah disebutkan tadi.
  9. Jika ada file yang tidak bisa dihapus, maka caranya masuk lagi ke Task Manager. Kemudian masuk ke tab Process dan cari program sesuai nama file yang tidak bisa dihapus tersebut. Klik pada program itu dan tekan End Process. Jika sudah, kembali lagi ke Windows Explorer dan hapus lagi file yang tidak bisa dihapus tersebut.
  10. Jika semuanya sudah terhapus, sekarang buka drive Flashdisknya. Sekarang masuk ke folder System Volume Information dan pindahkan semua data yang ada di sana ke drive laptop.
  11. Jika sudah, sekarang Anda hapus semua file virus yang ada di flashdisk tersebut. Atau bisa juga dengan melakukan format flashdisk, caranya klik kanan pada drive Flashdisk lalu pilih Format.

Itulah tadi cara menghilangkan Virus Kaspersky di laptop yang paling mudah dan cepat bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.