Cara Blokir Aplikasi di Android Paling Mudah dan Ampuh
Sumber gambar: bukandroid

Cara Blokir Aplikasi di Android Paling Mudah dan Ampuh

Salah satu keistimewaan dari HP Android adalah pengguna bisa dengan bebas menginstall aplikasi apapun di dalamnya. Dan menariknya semua aplikasi sudah disediakan di Google Play Store. Anda tinggal mengunjungi layanan dari Google tersebut, kemudian install aplikasi mana saja yang diinginkan. Selain mudah memasang, cara blokir aplikasi di android juga gampang.

Hal ini biasa dilakukan pada beberapa aplikasi yang dianggap mengganggu. Apalagi aplikasi tersebut terkadang juga ada yang berjalan di latar belakang, di mana tidak hanya membuat boros baterai tetapi juga kuota. Untuk menghentikannya Anda perlu melakukan pemblokiran.

Lantas, bagaimana cara blokir aplikasi di android tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini!

Cara Blokir Aplikasi di Android Paling Mudah

Seperti yang dijelaskan tadi, beberapa jenis aplikasi di android perlu diblokir pada kondisi tertentu. Misalnya saja saat jam sibuk dan Anda tidak ingin terganggu oleh aplikasi yang ada di HP android.

Memblokir aplikasi di HP android ini sebenarnya bisa dilakukan dengan sangat mudah. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang memang menyediakan fitur pemblokiran aplikasi tersebut. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan yakni bernama AppBlock – Stay Focused. Adapun cara blokir aplikasi di android dengan AppBlock selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama tentunya Anda perlu download dan install aplikasi AppBlock – Stay Focused terlebih dahulu di HP android. https://play.google.com/store/apps/details?id=cz.mobilesoft.appblock&hl=in&gl=US
  2. Kalau sudah, tinggal Anda buka langsung aplikasi tersebut.
  3. Pada aplikasi tersebut akan ditampilkan beberapa aplikasi yang diinstall di HP android.
  4. Anda cari dan pilih aplikasi yang ingin diblokir di perangkat HP android.
  5. Kemudian tinggal aktifkan pemblokirannya dengan memberi tanda Centang.
  6. Anda juga bisa memilih apa saja yang ingin diblokir dari aplikasi tersebut, mulai dari blokir peluncuran aplikasi, notifikasi, dan juga websitenya.
  7. Di sini Anda juga bisa mengatur hari dan waktu produktif, di mana pada waktu tersebut aplikasi yang dipilih akan langsung terblokir sehingga tidak akan mengganggu aktivitas Anda.
VIRAL :  Gaji CEO Google Ini Sangat Fantastis, Segini Kisarannya

Cara Blokir Aplikasi di Google Play Store

Berbeda untuk cara yang kedua ini, di mana Anda akan memblokir beberapa aplikasi di Google Play Store agar tidak ditampilkan di pencarian Anda. Artinya saat Anda mencari aplikasi yang berkaitan, maka aplikasi yang sudah diblokir tadi tidak akan muncul lagi di hasil pencarian Google Play Store.

Adapun langkah-langkah untuk memblokir aplikasi di Google Play Store selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama Anda buka aplikasi Google Play Store di HP android.
  2. Pada halaman utama aplikasi, Anda klik ikon tiga garis yang ada di pojok kiri atas tampilan.
  3. Kemudian Anda masuk ke opsi Settings atau Setelan.
  4. Pada halaman Settings, Anda klik pada opsi Parental Controls atau Kontrol Orang tua.
  5. Aktifkan dulu fitur tersebut dengan cara geser tombol slider yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  6. Selanjutnya Anda klik pada opsi Apps & Games.
  7. Sekarang Anda pilih batasan usia yang disediakan, ini akan memblokir semua aplkasi yang memiliki rating usia sesuai yang Anda blokir.
  8. Jika sudah memilih, selanjutnya klik tombol Next dan Save.

Itulah tadi cara blokir aplikasi di android agar tidak mengganggu aktivitas harian Anda dan membatasi anak agar tidak menginstall aplikasi yang bukan untuk usianya. Semoga informasi di atas bermanfaat, sehingga smartphone yang digunakan bisa terasa nyaman sesuai kebutuhan.