Cara Buat Blog di Android untuk Pemula yang Simpel dan Mudah
Sumber gambar: blog tjh

Cara Buat Blog di Android untuk Pemula yang Simpel dan Mudah

Membuat blog tidak hanya bisa dilakukan melalui perangkat PC atau laptop. Di HP android Anda juga memungkinkan untuk membuat blog pribadi dengan mudah dan gratis pastinya. Di blog yang sudah dibuat tersebut apapun bisa diposting di sana, mulai dari artikel tutorial, tips dan trik, review, dan masih banyak lagi yang lainnya. Cara buat blog di android sendiri sangat mudah, bahkan Anda yang masih awam pun bisa melakukannya.

Berbicara mengenai pembuatan blog di android, ada beberapa platform yang bisa digunakan. Salah satu platform blog gratis yang paling banyak dipilih adalah Blogger.com. Ini merupakan layanan platform blog gratis dari Google dan memungkinkan untuk digunakan oleh semua orang. Bagi Anda yang masih belum paham, berikut ini cara buat blog di android yang bisa Anda contoh dan terapkan.

Cara Buat Blog di Android untuk Pemula

Cara Buat Blog di Android untuk Pemula
Sumber gambar: tulisan blogger Indonesia

Seperti yang dijelaskan tadi, Blogger.com merupakan platform blog gratis yang bisa Anda gunakan. Memang selain platform tersebut masih banyak platform blog gratis lain yang bisa dipilih, seperti WordPress, Webs, Weebly, Wix.com, Medium.com dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun, pada artikel kali ini yang akan kami bahas adalah bagaimana cara untuk membuat blog gratis di Blogger melalui HP android. Langkah-langkahnya terbilang mudah, syaratnya Anda hanya perlu memiliki akun Google atau Gmail. Adapun cara buat blog di android melalui platform Blogger.com selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama Anda buka browser di HP android. Anda bisa menggunakan browser apa saja, disarankan menggunakan Google Chrome.
  2. Kemudian kunjungi situs Blogger.com, maka Anda akan dibawa ke halaman untuk mulai membuat blog baru.
  3. Jika ini baru pertama kalinya, maka Anda perlu membuat akun Bloggernya terlebih dahulu. Sekarang Anda klik tombol Buat Blog yang ada di halaman tersebut.
  4. Anda akan diminta untuk login menggunakan akun Google. Masukkan alamat email dan password akun Google pribadi Anda.
  5. Jika berhasil, Anda juga akan diminta untuk memasukkan nama akun Blogger. Isi kolomnya sesuai keinginan, kemudian klik Buat.
  6. Nantinya Anda akan dibawa masuk ke halaman dasboard Blogger, di sini Anda sudah siap untuk membuat blog pribadi.
  7. Untuk mulai membuat blog baru, Anda klik tombol dropdown Blog Baru yang ada di bagian paling atas, kemudian klik Buat Blog Baru.
  8. Pada halaman yang muncul, Anda diminta untuk memasukkan nama blog dan juga alamatnya. Untuk nama blog bisa Anda tulis sesuka hari, sementara di bagian alamat pastikan Anda mengetik alamat blog tanpa spasi dan tanpa tanda apapun (kecuali angka). Sebagai contohnya alamat blog diisi “blogpribadiku.blogspot.com”.
  9. Selain mengatur nama dan URL blog, Anda juga bisa memilih template gratis yang disediakan di sana. Tinggal pilih salah satu template blog yang disediakan dan disesuaikan dengan tema blog Anda.
  10. Jika semuanya sudah pas, sekarang Anda klik tombol Buat Blog.
VIRAL :  Cara Mudah Keluar Dari Grup Whatsapp Secara Diam Diam

Sampai di sini sebenarnya blog sudah berhasil Anda buat. Akan tetapi Anda masih perlu melakukan beberapa pengaturan pada blog agar tampilannya lebih menarik. Meski sudah memilih template, namun disarankan Anda menggunakan template lain yang lebih bagus dan bervariasi. Anda bisa membeli template versi premium atau bisa juga download gratis di internet.

Itulah tadi cara buat blog di android untuk pemula yang mudah dan praktis melalui platform Blogger.com. Semoga informasi di atas bermanfaat.