Waduh! Ini yang Terjadi Bila Bumi Tanpa Gravitasi

Bumi merupakan planet yang dihuni banyak mahluk hidup salah satunya manusia, kamu pasti sudah tahu kalau planet yang sedang kita tempati ini mempunyai gravitasi yang membuat kamu bisa menjalankan hidup dengan baik dan berpijak ke tanah.

 

Namun, apa yang terjadi jika bumi tanpa gravitasi? Tentu kita bakal melayang dong? Untuk membahas itu semua yuk lihat dibawah ini.

 

Apabila gaya gravitasi tidak ada, akan terjadi banyak kekacauan di atas permukaan Bumi. Buku ‘Sains dalam Alquran’ merincikan yang terjadi apabila Bumi tidak memiliki gaya gravitasi. Pertama, tubuh makhluk hidup takkan lagi memiliki berat. Makhluk hidup akan terbang melayang dan mengarah ke angkasa tanpa bisa kembali lagi ke permukaan Bumi. Kedua, udara dan atmosfer akan hilang. Begitu pula hujan, awan, lautan, sungai, binatang, dan semua kehidupan di muka Bumi.

Nyatanya tidak demikian, Allah telah menjadikan Bumi jinak dan tunduk pada manusia. Dengan gaya gravitasi yang ada di alam semesta ini, membuat planet-planet beredar dalam orbitnya dan Bumi berputar mengelilingi matahari. Dengan bentuknya yang bulat, Bumi mengelilingi matahari melalui porosnya. Bumi berputar dengan kecepatan 1.000 mil per jam. Dengan kecepatan yang tinggi itu, ada kemungkinan setiap mahkluk di atasnya akan terlempar.

Meski demikian, hal itu tak terjadi. Sebagaimana diketahui, Bumi dianugerahi dengan gravitasi yang membuat setiap benda di atasnya bisa menempel dengan permukaan Bumi. Tidak hanya itu, Allah juga menancapkan gunung-gunung di atasnya, lalu menjadikan setiap gunung memiliki akar yang tertancap jauh ke dasarnya untuk membuat benua-benua tetap kukuh tak bergerak dan terhindar dari guncangan dan gempa.

Permukaan gunung yang dilihat manusia dan menjulang ke permukaan tanah hanya sebagian kecil dari keseluruhan gunung. Bagian gunung yang lain, yaitu akarnya tertanam di dalam Bumi. Temuan ilmiah ini telah dijelaskan dalam Alquran sekira 14 abad lalu. Dalam beberapa ayat, dijelaskan bahwa gunung diciptakan agar Bumi tidak goncang.