Kisah Sukses Pendiri Wattpad, Novel Online Yang Banyak Dijadikan Film

Anda tahu film dear nathan? Ya. Pasti mayoritas anak milenial mengetahui film remaja sekolah ini karena memang saat dirilis film tersebut sangat booming. Film yang didasari oleh novel yang berjudul sama tersebut sukses dipasaran dan disukai oleh banyak penikmat film Indonesia.

Namun tahukah kamu, asal novel dear nathan tersebut pertama kali diupload dimana? Ya. Situs novel online bernama wattpad adalah situs yang melambungkan banyak novel salah satunya dear nathan yang sukses dijadikan film layar lebar.

 

Untuk itu. Inilah sejarah singkat, kisah sukses pendiri wattpad, aplikasi Novel Online Yang Banyak Dijadikan Film

ivan yuen yang berasal dari University of Waterloo merupakan salah satu pendiri wattpad ini. Ivan Yuen lulus dari program Teknik Komputer Waterloo pada 2000. Ia mengatakan bahwa program co-op adalah hal terbaik yang pernah dijumpai. Selama empat program Cooperative Education ia dipekerjakan di sebuah perangkat keras komputer, di masa kerja terakhirnya ia dipekerjakan di sebuah perangkat lunak. Semenjak itu ia merasa lebih bergairah dengan perangkat lunak.

Setelah lulus, Ivan bekerja di berbagai perusahaan hardware dan software sebelum mendirikan Wattpad. Berdirinya Wattpad ini berasal dari kebutuhan pribadi, di mana ia hanya memiliki sedikit pilihan untuk membaca. Pada 2006, ia mendekati teman kerjanya, Allen Lau dan menemukan ide untuk Wattpad. Sebelumnya, Allen telah mengejakan hal yang serupa yang pada akhirnya membuat Allen dan Ivan mewujudkan Wattpad.

Beberapa tahun pertama, Allen dan Ivan berjuang mendapatkan pengguna karena teknologi yang diluncurkan masih terlalu dini. Hal tersebut tidak membuatnya menyerah sampai akhirnya pada 2007, iPhone dan Kindle telah diluncurkan dan membuka kesempatan orang menggunakan Wattpad. Penulis Kanada dan advokat untuk literasi Margaret Atwood menjadi kontributor Wattpad. Ia menyampaikan bahwa Wattpad adalah alat yang sempurna untuk kaum muda dalam creative writting.

Ruang kerja Wattpad yang berwarna merah dan furniture berwarna orange adalah hal yang utama. Ivan dan Allen mempekerjakan lima sampai enam mahasiswa Waterloo setiap semester untuk memberikan pengalaman. Kontribusinya dengan mempekerjakan mahasiswa Waterloo di Wattpad menjadi salah satu penyebab keberhasilan program co-op (Cooperative Education).