Kenapa Pisang Berwarna Kuning? Begini Penjelasannya
Sumber gambar: botobudurnews

Kenapa Pisang Berwarna Kuning? Begini Penjelasannya

Indonesia merupakan negara kepulauan yang wilahnya merupakan salah satu yang terluas di dunia, bukan cuma itu Indonesia juga mempunyai jumlah penduduk yang sangat banyak dan berhasil menduduki 5 besar jumlah penduduk paling banyak di dunia.

Budaya di Indonesia juga beragam dan sangat banyak. Namun baru baru ini sebuah celotehan netizen yang menyebutkan keingintahuan yang tinggi merupakan salah satu budaya yang terdapat di masyarakat Indonesia.

Keingintahuan yang tinggi tersebut mereka sebut dengan istilah kepo. Ya. Indonesia memang saat kepo dengan segala sesuatu hal yang penting dan yang gak penting penting amat. Untuk membantu rasa ingin tahu masyarakat Indonesia tersebut, pasti kalian belum tahu kan kenapa pisang berwarna kuning? Yuk kita cari tahu dan bahas semuanya dibawah ini.

Mengapa pisang berwarna kuning ialah disebabkan karena pigmen warna (carotenoids) bernama xanthophylls. Carotenoids adalah pigmen organik yang ditemukan dalam kloroplas dan kromoplas tumbuhan yang berfungsi untuk memberi warna pada buah-buahan. Pisang akan menjadi kuning matang karena jumlah penurunan klorofil, maka warna asli pisang akan keluar menggantikan warna hijau klorofil. Penurunan klorofil, memungkinkan pigmen xanthophylls untuk menunjukkan warna kuning.

Xanthophylls adalah pigmen yang sama memberi warna kuning di daun dan pepaya. Warna kuning di pisang menunjukkan bahwa kulitnya mulai matang dan secara otomatis melepaskan gula ke dalam daging buah. Momen Inilah yang mengubah rasa pisang menjadi manis. Perlu diingat, tidak semua pisang bewarna kuning, di daerah lain pisang bisa tumbuh dengan berbagai macam warna. Pisang Fuzzy misalnya, ia bewarna pink cerah, lalu ada pisang merah Dacca, dan terakhir pisang ungu Violacea.

Rupanya tidak hanya berwarna kuning, pisang juga bisa memiliki warna biru. Kabarnya, Warna biru pada buah ini merupakan hasil eksperimen dari beberapa para ilmuwan yang berasal University of Innsbruck (Austria) dan Columbia University (New York, AS).