faktor yang mempengaruhi desain produk adalah

Faktor yang mempengaruhi desain produk adalah. …
a. Fungsi produk
b. Warna produk
c. Ukuran produk
d. Tingkat persaingan
e. Daya tahan produk​

jawaban

Adapun jawaban yang tepat ada beberapa opsi ya diantaranya adalah A. Fungsi produk​.

Silahkan simak penjelasan berikut ini.

Dalam menghasilkan sebuah karya, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi desain produk yang akan kamu buat. Desain produk merupakan gambaran umum tentang suatu produk yang akan dikembangkan. Dengan melakukan marketing research yang baik, kamu berpeluang mendapatkan informasi terkait keinginan pasar terhadap kebutuhan suatu produk tertentu.

1. Fungsi dan Kegunaan Sebuah Produk
Bila membuat produk secara mandiri, maka pahami dulu fungsi dan kegunaannya. Kamu bisa melihat kompetitor untuk produk sejenis. Misalkan untuk produk skincare, maka kamu perlu merumuskan tujuan pembuatan untuk jenis kulit yang dibutuhkan dan semua hal yang melingkupinya.

2. Standar dan Spesifikasi Desain
Standar dan spesifikasi desain akan bersinggungan dengan bagian-bagian produk, bahan dasar pembuatan, warna desain, dan ukuran desain yang dibutuhkan. Misalkan untuk desain baliho makanan, warna merah untuk sensasi pedas tentu lebih terlihat dibandingkan warna kuning. Contoh lain, untuk tujuan lebih mengenyangkan, maka ukuran mie instan A lebih banyak dibandingkan ukuran mie B, dengan bahan pembuatan yang lebih tahan lama.

3. Tanggung Jawab Produk
Tanggung jawab produk adalah upaya yang ditawarkan oleh produsen untuk konsumen. Hal ini tentu akan menjadi faktor berpengaruh untuk desainnnya. Misalkan garansi 100 persen halal untuk makanan, atau garansi kepuasan lainnya.

4. Harga dan Volume Produk
Harga berkaitan dengan jumlah produk yang akan dibuat, sedangkan volume berkaitan dengan ukuran produk yang ditawarkan.

5. Prototype Produk
Prototype merupakan model produk pertama yang bisa digunakan untuk menjadi sampel pembelian selanjutnya. Misalkan sampel untuk parfum, body lotion, atau sejenisnya. Biasanya ukuran sampel lebih kecil dibandingkan ukuran asli yang beredar di pasaran.

Oleh karenanya, jawaban yang tepat ada beberapa opsi ya diantaranya adalah A. Fungsi produk​.

Terimakasih dan semoga bermanfaat.