Cara Buka ZIP di HP Android yang Mudah dan Anti Ribet

ZIP merupakan sebuah standar kompresi data yang sama populernya dengan format RAR. Sama seperti RAR, file ZIP ini digunakan untuk tujuan mengompres file sehingga ukurannya menjadi lebih kecil. Wajar apabila banyak yang menggunakan format ZIP untuk berbagai keperluan. Simak yuk bagaimana cara buka ZIP di hp android berikut ini.

Membuka file berformat ZIP mungkin bisa dibilang mudah dilakukan di perangkat Windows dengan memanfaatkan Winrar. Sebenarnya, membuka file ZIP di android mirip seperti membukanya di PC atau laptop. Anda perlu trik khusus agar bisa mengakses isi dari file ZIP tersebut. Bagi yang belum tahu, ini dia cara buka ZIP di HP android yang bisa dicontoh dan terapkan.

Cara Buka ZIP di HP Android yang Mudah

Buka ZIP di HP Android yang Mudah
Sumber gambar: jalan tikus

Sama seperti di perangkat PC atau laptop, Anda tetap membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk bisa mengakses file berbasis ZIP tersebut. Sekarang ini sudah ada banyak jenis aplikasi untuk mengekstrak file ZIP yang bisa ditemukan di Google Play Store. Hampir semua aplikasi bisa digunakan secara gratis.

Salah satu aplikasi terbaik untuk mengakses file ZIP di android yakni AZIP Master. Aplikasi yang dikembangkan oleh TapOn Group ini juga dibekali dengan antarmuka yang sederhana sehingga mudah untuk digunakan. Adapun cara buka ZIP di HP android dengan aplikasi AZIP Master selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama Anda install aplikasi AZIP Master di HP android melalui LINK INI. Tenang saja, aplikasi AZIP Master sepenuhnya gratis untuk Anda gunakan. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.azip.unrar.unzip.extractfile&hl=in
  • Jika sudah, sekarang Anda buka aplikasi tersebut.
  • Melalui aplikasi ini Anda akan mengakses memori di HP dan Anda tinggal mencari file ZIP yang ingin diekstrak.
  • Klik pada file ZIP tersebut, kemudian Anda tentukan lokasi untuk menyimpan file hasil ekstraknya.
  • Jika sudah, lanjut dengan klik tombol OK. Maka proses unzip atau ekstrak file ZIP akan berjalan dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Agar lebih mudah, Anda juga bisa mengubah nama dari file hasil ekstraknya tersebut.

Aplikasi untuk Membuka File ZIP di HP Android Lainnya

Selain aplikasi AZIP Master di atas, ada beberapa jenis aplikasi lain yang punya fungsi untuk membuka file ZIP. Adapun aplikasi untuk mengakses file ZIP selengkapnya, sebagai berikut:

1. ZArchiver

ZArchiver
Sumber gambar: apk pure

https://play.google.com/store/apps/details?id=ru.zdevs.zarchiver&hl=in

Aplikasi yang juga bisa Anda gunakan untuk ekstrak file ZIP yakni bernama ZArchiver. Aplikasi yang dibuat oleh ZDevs ini menjadi salah satu yang paling populer digunakan. Terbukti dengan jumlah downloader aktifnya yang mencapai angka 100 juta downloader.

Aplikasi manajemen arsip ini sendiri tidak hanya bisa digunakan untuk ekstrak saja, melainkan juga mengelola file, mengompres file dan hal lain yang berhubungan dengan itu. ZArchiver juga mendukung berbagai format file arsip, mulai dari RAR, 7z, BZ2, XZ, GZ, TAR, ISO, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. RAR

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.rarlab.rar

Kali ini ada aplikasi kompresi all-in-one yang dikembangkan oleh RARLAB yang di publish oleh win.rar GmbH. Meskipun namanya RAR, namun aplikasi ini juga memungkinkan untuk mengekstrak file berbasis ZIP.

Beberapa format file arsip lainnya bisa diakses melalui aplikasi ini, mulai dari format TAR, BZ2, GZ, XZ, ARJ, hingga ISO.

3. WinZip

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.winzip.android&hl=in

Dan yang terakhir ada aplikasi bernama WinZip yang dibesut oleh WinZip Computing. Aplikasi satu ini juga tidak kalah populer digunakan, di mana sudah ada lebih dari 10 juta pengguna aktif yang tercatat di Google Play Store.

Itulah tadi cara buka ZIP di HP android dengan aplikasi pihak ketiga gratis bisa coba Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar