tanda tanda seseorang mengimani hari akhir diantaranya adalah

Tanda-tanda seseorang mengimani Hari Akhir, di antaranya adalah ….

a. takut menghadapi kematian
b. tidak mau menerima jabatan duniawi
C. mengabaikan urusan dunia yang bersifat fana
d. selalu berusaha ikhlas dalam melakukan pekerjaan
e. selalu mengingat tanda-tanda datangnya Hari Akhir dengan baik​

jawaban

Tanda-tanda seseorang mengimani hari akhir, diantaranya adalah E. Selalu mengingat tanda-tanda datangnya hari akhir dengan baik.

Pembahasan

Hari kiamat adalah istilah yang berasal dari bahasa Arab yaumul qiyamah yang berarti hari terakhir. Intinya, kiamat adalah kehancuran alam semesta dan seluruh kehidupan, serta kebangkitan orang mati, harus dinilai dari perbuatan dan perbuatannya.Tidak ada yang tahu pasti kapan kiamat akan terjadi, hanya Allah Swt yang mengetahuinya, seperti pada Q.S. Al A’raf ayat 187

 

يَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلسَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَىٰهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّى ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَآ إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْـَٔلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِىٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ ٱللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya :

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”.

Fungsi iman ada di hari terakhir.

  1. Mendorong setiap muslim untuk selalu berbuat lebih banyak dalam kehidupan sehari-hari dan menjauhi segala perbuatan jahat.
  2. Dorong setiap muslim untuk suka mengajarkan kebaikan miliknya, menghindari kekikiran, kecerobohan, keserakahan dan keserakahan.
  3. Hidup di dunia ini tidak akan tenggelam dalam kemuliaan, juga tidak akan tenggelam dalam kemegahan, juga tidak akan membuat iri kebahagiaan orang lain.
  4. Ini meyakinkan, terutama bagi mereka yang telah diperlakukan tidak adil atau sewenang-wenang.
  5. Bersabarlah saat menghadapi berbagai cobaan, karena di akhirat, setiap orang akan mendapatkan pahala yang paling adil.