Cara Cek Battery Health Android yang Wajib Diketahui

Baterai merupakan salah satu komponen paling penting pada sebuah perangkat smartphone. Baterai ini sendiri bisa diibaratkan sebagai nyawanya, tanpa baterai maka smartphone tidak bisa dihidupkan dan dioperasikan seperti biasa. Karena itulah, sangat penting untuk menjaga kesehatan baterai agar performanya tetap maksimal. Sehingga, cara cek battery health android tidak kalah penting buat Anda pahami.

Tujuannya sudah jelas, yaitu menjaga baterai agar tetap stabil. Sebagai pengguna, Anda perlu melakukan pengecekan baterai secara berkala. Mengecek kesehatan HP bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga dan bisa juga tanpa aplikasi tambahan. Berikut ini cara cek battery healt android yang akurat dan efektif bisa coba diterapkan.

Cara Cek Battery Health Android yang Mudah

Untuk mengecek kesehatan baterai, ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan. Seperti yang dijelaskan tadi, cek kesehatan baterai ini bisa dilakukan dengan dan tanpa aplikasi tambahan. Kedua metode tersebut sama mudahnya dilakukan, kamu bisa memilih cara mana saja yang diinginkan. Adapun cara cek battery health android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Melihat Indikator Baterai

Cara yang pertama untuk mengetahui baterai smartphone bermasalah atau tidak yakni dengan memperhatikan indikator baterainya. Mula-mula Anda charger HP sampai penuh 100%, kemudian cabut chargernya.

Sekarang Anda gunakan HP tersebut untuk membuka fitur kamera dan mulailah melakukan rekaman video. Pastikan saat melakukan rekaman video, data seluler HP dalam keadaan mati.

Saat merekam, Anda perhatikan indikator baterainya apakah berkurang dengan cepat atau tidak. Untuk baterai yang normal, indikator baterai akan berkurang 1% dalam waktu rekaman antara 30 detik hingga 2 menit, tergantung kapasitas baterai. Sementara baterai yang tidak sehat akan berkurang 2% hingga 3% hanya dalam kurun waktu rekaman video kurang dari 20 detik.

2. Cek Kesehatan Baterai HP dengan Kode Rahasia

Di HP android terdapat kode rahasia khusus yang berfungsi untuk mengecek battery health android. Kode rahasia tersebut nantinya bisa Anda akses melalui menu Dial Up atau Panggilan. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda buka menu Dial Up atau Panggilan di HP android.
  • Kemudian pada tampilan menu tersebut Anda ketik kode dial *#*#4636#*#*
  • Nantinya di layar akan ditampilkan menu pop up. Lanjut dengan memilih menu Battery Information atau Battery Statistic, tergantung merek HP yang Anda gunakan.
  • Pada halaman baru yang muncul akan ditampilkan informasi mengenai baterai tersebut. Baterai yang sehat atau dalam keadaan baik, pada bagian Kondisi Baterai tertulis Baik atau Good.

Kode rahasia di atas memungkinkan untuk Anda gunakan di HP Xiaomi, VIVO, OPPO, Lenovo, Asus, hingga Samsung.

3. Cek Kesehatan Baterai Menggunakan Aplikasi

Kedua cara di atas tidak mengharuskan Anda menggunakan aplikasi tambahan. Namun, untuk alternatif ketiga ini Anda perlu aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan, salah satunya adalah Battery Monitor yang dikembangkan oleh System Monitor Tools Labs.

Untuk langkah-langkah mengecek battery health dengan aplikasi Battery Monitor selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda install aplikasi bernama Battery Monitor ini melalui Google Play Store. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.glgjing.hulk&hl=in&gl=US
  • Jika sudah, selanjutnya Anda buka aplikasi tersebut.
  • Pada aplikasi akan ditampilkan status atau kondisi dari baterai HP tersebut. Jika di sana tertulis Good atau Baik, berarti baterai HP masih dalam keadaan normal.

Itulah tadi beberapa cara cek battery health android dengan dan tanpa aplikasi tambahan yang akurat. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar