Cara Cek Porsi Haji Melalui HP Android, Nggak Pake Ribet!
Sumber gambar: haji pintar

Cara Cek Porsi Haji Melalui HP Android, Nggak Pake Ribet!

Menunaikan ibadah haji bisa dibilang merupakan keinginan terbesar bagi seluruh umat islam. Namun, sayangnya tidak semua orang bisa mewujudkan keinginannya tersebut. Salah satunya karena jumlah jemaah haji yang terus bertambah setiap tahunnya, sehingga memperpanjang antrean. Bicara soal antrean, kali ini admin ingin membahas bagaimana cara cek porsi haji melalui android.

Bagi Anda yang sudah mendaftar sebagai calon jemaah haji, penting untuk selalu mengecek nomor porsi keberangkatan. Tidak seperti dahulu, mengeceknya sekarang sudah bisa lebih mudah melalui perangkat smartphone android. Bagi Anda yang belum tahu, berikut ini cara cek porsi haji melalui HP android yang bisa Anda terapkan.

Cara Cek Porsi Haji Melalui HP Android

Sangat mudah untuk mengecek nomor porsi haji lewat HP android, bahkan Anda yang masih awam pun tidak akan merasa kesulitan. Setidaknya ada 2 metode yang bisa dilakukan untuk mengecek porsi haji tersebut. Kedua metode yang dimaksud yakni menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi tambahan.

Adapun cara cek porsi haji melalui HP android yang akurat selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengecek Porsi Haji dengan Aplikasi

Metode yang paling mudah untuk mengecek nomor porsi keberangkatan haji yakni menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi resmi yang paling rekomendasikan untuk digunakan yakni bernama Haji Pintar. Aplikasi satu ini dipublish oleh developer Ditjen PHU – Kementerian Agama Republik Indonesia.

Beberapa menu seputar haji disediakan di dalam aplikasi ini, termasuk juga menu untuk mengecek porsi haji. Adapun langkah-langkah menggunakan aplikasi Haji Pintar untuk melihat porsi haji, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda download dan install aplikasi Haji Pintar melalui Google Play Store. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kemenag_haji_pintar_2019&hl=in&gl=US
  • Jika sudah, selanjutnya Anda jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada halaman utama aplikasi ada beberapa menu yang disediakan. Untuk mengecek nomor porsi keberangkatan haji, Anda klik pada menu Estimasi Keberangkatan.
  • Kemudian tinggal Anda masukkan nomor porsi haji yang dimiliki pada kolom yang sudah disediakan.
  • Jika sudah, selanjutnya klik tombol Submit.
  • Maka di sana akan langsung ditampilkan informasi terjakir nomor porsi haji Anda.

2. Cara Cek Porsi Haji di Android Tanpa Aplikasi

Kalau cara di atas menurut Anda masih terlalu ribet, cara kedua ini bisa dijadikan alternatif. Di sini Anda tidak perlu menginstall yang namanya aplikasi tambahan. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan browser untuk mengakses situs resmi Kementerian Agama Republik Indonesia. Di sana Anda bisa langsung mengcek nomor porsi keberangkatan haji.

Adapun langkah-langkah untuk mengetahui tahun prakiraan keberangkatan beserta informasi lain melalui nomor porsi haji selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda buka browser di HP android, baik itu Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera atau yang lain sebagainya.
  • Kemudian Anda kunjungi situs resmi Kementerian Agama Republik Indonesia melalui LINK INI. https://haji.kemenag.go.id/
  • Pada halaman utama situs, Anda klik menu Basis Data pada bagian navigasi. Kemudian klik pada opsi Estimasi Keberangkatan.
  • Selanjutnya Anda masukkan nomor porsi haji pada kolom yang sudah disediakan.
  • Kalau sudah, selanjutnya Anda klik tombol Cari.
  • Tunggu sebentar, nantinya informasi detail mengenai nomor porsi haji Anda akan ditampilkan di halaman tersebut.

Informasi lengkap akan langsung ditampilkan jika Anda menggunakan kedua cara di atas. Mulai dari nama, estimasi tahun keberangkatan, asal kota atau kabupaten, kuota provinsi, hingga posisi porsi di kuota provinsi.

Itulah tadi dua cara cek porsi haji melalui HP android yang mudah dan simpel bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.