Cara Buka File EXE di Android Tanpa Root dan Mudah 2021
Sumber gambar: fajrinfo

Cara Buka File EXE di Android Tanpa Root dan Mudah 2021

EXE merupakan salah satu ekstensi file yang secara umum berupa file mentah dari sebuah software. Menurut banyak orang, file EXE ini hanya bisa dijalankan di perangkat PC atau laptop, khususnya yang berbasis Windows. File dengan format EXE sering ditemukan ketika kita ingin menginstall aplikasi tertentu di laptop. Lantas, adakah cara buka file EXE di android?

Perlu Anda tahu, ternyata file EXE tidak hanya bisa dijalankan di perangkat PC atau laptop saja, lho. Anda juga bisa menjalankan file berekstensi .exe tersebut di perangkat HP android. Namun tidak seperti di PC atau laptop, Anda perlu trik khusus untuk mejalankan file berbasis EXE tersebut. Berikut ini cara buka file EXE di android yang mudah bisa Anda terapkan.

Cara Buka File EXE di Android

Untuk bisa membuka file berekstensi EXE di smartphone android, Anda butuh bantuan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk menjalankan file EXE di android yakni bernama aFreeBox.

Aplikasi aFreeBox ini sendiri punya fungsi yang sama seperti Dos Box Turbo, namun dengan fitur yang lebih dikembangkan. Di sini file EXE apapun bisa dijalankan, misalnya saja Game PC yang berbasis EXE. Jadi, Anda memungkinkan memainkan game tersebut melalui layar yang disediakan oleh eFreeBox. Tidak hanya itu, di dalamnya juga dilengkapi dengan kontroler seperti, keyboard, kursor dan lain sebagainya.

Adapun cara buka file EXE di android menggunakan aplikasi aFreeBox selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama Anda perlu mempersiapkan file EXE yang ingin dibuka. Jika masih dalam bentuk file RAR atau ZIP, maka Anda perlu melakukan ekstrak file terlebih dahulu menggunakan ZArchiver atau aplikasi serupa lainnya.
  2. Sekarang Anda download dan install aplikasi aFreeBox di HP android melalui Google Play Store. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fishstix.dosboxfree&hl=in&gl=US
  3. Jika sudah, selanjutnya Anda langsung buka aplikasi tersebut.
  4. Pada halaman utama aplikasi, sekarang Anda tentukan lokasinya sesuai tempat Anda menyiman file EXE di android. Misalnya saja mengaturnya di Storage, tepatnya di folder Download atau yang lainnya. Untuk mengubah lokasi, anda tinggal mengetik sesuai nama folder menggunakan fitur Keyboard Virtual yang disediakan di sana.
  5. Selanjutnya Anda ketik perintah untuk membuka folder tempat file EXE ditempatkan. Misalnya file EXE berada di dalam folder 1rescue, maka perintahnya “cd/1rescue” (tanpa tanda petik) lalu tekan Enter.
  6. Maka Anda akan masuk ke dalami 1rescue tersebut, lajut dengan mengetik perintah “lh (spasi) nama file exe”. Misalnya nama file EXE-nya dadat.exe, maka tulis perintah lh dadat.exe lalu tekan Enter.
  7. Nantinya Anda akan diminta untuk mengetik nama folder sebagai tempat dari file exe tadi. Ketika saja sesuai keinginan, lalu tekan Enter. Tunggu sampai proses instalasi file EXE sampai selesai.
  8. Nantinya file EXE akan langsung dibuka, misalnya file EXE adalah game maka Anda bisa langsung memainkan game tersebut.

Mudah bukan cara buka file EXE di android di atas? aFreeBox ini sendiri bisa diibaratkan virtual box di Windows yang memungkinkan untuk menjalankan perintah layaknya di perangkat Windows. Jadi, jenis file EXE apa pun bisa Anda jalankan melalui aFreeBox ini.

Di dalamnya juga sudah disediakan fitur yang cukup lengkap untuk kontrolnya, mulai dari kursor, keyboard virtual, joystick virtual, input mode dan lain sebagainya. Jika memang penasaran, coba saja Anda terapkan langkah-langkah di atas di HP android. Semoga informasi di atas bermanfaat.