Cara Membuat GIF di Android Online dan Offline Dengan Mudah
Sumber gambar: carisinyal

Cara Membuat GIF di Android Online dan Offline Dengan Mudah

GIF seringkali merupakan cara sempurna untuk mengekspresikan emosi. Gambar animasi ini dapat mewakili kata-kata dengan lebih menarik. Ya, GIF adalah bentuk yang menyenangkan untuk mengkomunikasikan emosi, lelucon, atau sentimen dengan cara yang berbeda. Cara membuat GIF di androidsendiri sangat mudah.

Ada banyak aplikasi dan situs yang bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah GIF yang menarik dari sebuah video. Berkreasi sesuka hati dengan langkah-langkah yang bisa dibilang sederhana dan cocok bagi para pemula. Kira-kira, bagaimana ya cara untuk membuat GIF di android?

Cara Membuat GIF dengan Giphy

Giphy adalah database online dan mesin pencari yang memungkinkan siapapun untuk mencari dan berbagi video singkat tanpa suara. Video pendek ini menyerupai file GIF animasi. Jadi, Giphy sendiri adalah perusahaan yang menciptakan tren komunikasi visual berupa GIF.

Selain menjadi gudangnya GIF, Giphy juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk membuat gambar GIF. Bagi yang ingin membuat GIF di android dengan memanfaatkan Giphy, berikut adalah caranya :

  1. Buka browser di Android danbuka Giphy.com.
  2. Tekan “Create”di sudut kanan atas untuk masuk ke GIF Maker.
  3. Anda akan melihat tiga opsi yang tersedia, pilihlah satu dari gambar atau video, yang dapat Anda unggah. Atau, Anda dapat memasukkan URL untuk video online apa pun termasuk yang ada di Youtube atau Instagram. Namunvideo harus di bawah 100MB atau 15 detik.
  4. Pilih waktu mulai dan durasi Anda.
  5. Pilih “Continue to Decorate”untuk menambahkan keterangan, filter, stiker, dan gambar.
  6. Pilih “Continue to Upload”setelah selesai.
  7. Pilih tag Anda dan tekan “Upload to Giphy”.
  8. Tahan GIF yang sudah dibuat dan tekan “Download”.

 

Cara Bikin GIF dengan Giphy App

Sebagai mesin pencari GIF terbesar di dunia, maka Giphy juga menyediakan alat dalam bentuk aplikasi, lho. Ya, Giphy App adalah alat yang tersedia untuk  Android yang bisa membantu Anda mengkonversi video dan gambar menjadi GIF.

VIRAL :  cara mudah menghapus aplikasi bawaan di Android

Cara membuat GIF di android dengan memanfaatkan Giphy App sendiri cukup mudah yakni :

  1. Unduh aplikasi Giphy.
  2. Pilih opsi yang bertuliskan “Create”.
  3. Unggah video atau gambar yang hendak Anda ubah ke GIF.
  4. Tambahkan stiker, tulisan maupun filter jika perlu.
  5. Tambahkan saja tag dan klik yang bertuliskan “Upload to Giphy”.
  6. Apabila GIF sudah jadi, maka tahanlah gambar.
  7. Klik “Download Image” untuk menyimpan GIF yang sudah dibuat

Cara Bikin Animasi GIF dengan GIF Maker

GIF Maker adalah aplikasi yang sangat bagus untuk membuat gif di android. Jika Anda salah satu dari orang-orang yang suka berbagi GIF pribadi yang lucu dengan teman dan keluarga, maka Anda dapat membuatnya dengan GIF Maker.

GIF Maker adalah aplikasi yang sangat menyenangkan dalam hal membuat GIF, ada banyak pilihan opsi untuk mengubah kecepatan bingkai, atau menambahkan filter juga, berikut cara membuat GIF dengan aplikasi ini :

  1. Unduh aplikasi GIF Maker
  2. Klik ikon “Create”.
  3. Unggah video atau gambar yang hendak diubah ke GIF.
  4. Setelah memilih gambar, maka klik “Save”
  5. Klik “Share”  dan pilih galeri untuk menyimpannya.

Ada banyak opsi berbagi juga. Selain menyimpan di galeri, Anda dapat langsung berbagi di media sosial atau aplikasi messenger seperti Whatsapp dan Facebook Messenger.

Berkat smartphone yang luar biasa, maka cara membuat GIF di android menjadi sangat mudah. Hal yang Anda butuhkan hanyalah video atau serangkaian gambar dan Anda dapat dengan mudah membuat GIF sendiri.