Cara Membuat Nota Penjualan di Android dengan Gampang
Sumber gambar: spagitu

6 Cara Membuat Nota Penjualan di Android dengan Gampang

Dalam sebuah  bisnis, nota penjualan adalah hal yang mutlak ada di setiap kegiatan atau operasionalisasi bisnis. Nota penjualan sendiri merupakan sebuah bukti tertulis yang perlu digunakan untuk menagih pelanggan. Bicara soal nota, ternyata ada lho cara membuat nota penjualan di android. Sehingga semakin memudahkan pekerjaan Anda sehari-hari.

Anda tidak harus menginstal software di desktop, karena ada aplikasi android yang memungkinkan Anda membuat sebuah nota penjualan. Lalu apa sih nama aplikasi yang bisa dimanfaatkan dan bagaimana cara untuk membuat nota penjualan di ponsel? Simak langkah demi langkahnya berikut.

Cara Mudah Membuat Nota Penjualan di Android

  1. Unduh Aplikasi Invoice, Akuntansi, Pembukuan Usaha

Aplikasi Invoice, Akuntansi, Pembukuan Usaha
Sumber gambar: majoo

Langkah pertama, cobalah mengunduh aplikasi bernama “Invoice, Akuntansi, Pembukuan Usaha Paper.id” di menu pencarian Google Play Store Anda. Tunggu sampai aplikasi terinstal dan terpasang sepenuhnya di android.

  1. Buat Akun

Jika aplikasi telah terinstal, maka Anda bisa membuat akun dengan klik Daftar. Masukkan data seperti nama, email dan nomor telepon Anda. Jika ingin lebih mudah, maka daftar saja melalui akun Google atau Facebook.

  1. Masuk Menu Invoice Penjualan

Cara membuat nota penjualan di android selanjutnya adalah masuk ke menu Invoice. Jadi, setelah mempunyai akun, maka Anda bisa membuat dan mengirim nota penjualan ke semua pelanggan hanya dengan android saja.

Caranya mudah, Anda hanya perlu masuk ke menu bertuliskan Invoice. Nah, di menu ini, maka Anda bisa mulai untuk membuat tagihan kepada para pelanggan Anda.

  1.     Klik Opsi Nota Penjualan

Menariknya dari aplikasi pembuat invoice ini adalah Anda hanya tidak perlu membuat invoice secara manual. Di opsi menu Invoice, ada template otomatis yang bisa digunakan dan Anda hanya perlu menuliskan beberapa kolom..

Jadi, setelah masuk di menu Invoice Penjualan, maka beberapa hal yang perlu Anda lakukan adalah :

  • Klik tombol yang ada di sebelah pojok kanan layar yang bertuliskan Nota Penjualan.
  • Setelah itu aplikasi otomatis akan mengarahkan Anda ke sebuah kolom yang isinya adalah mengenai detail produk yang harus Anda isi.
  • Masukkan detail harga tagihan setiap produk.
  • Masukkan nama pelanggan.
  • Tulis jatuh tempo pembayaran yang Anda inginkan.

Apabila Anda ingin menambahkan tax, maka Anda juga bisa membuatnya secara otomatis tanpa perlu mencatatnya secara manual. Aplikasi  bisa mengirimnya tax langsung ke pelanggan dengan menggunakan email.

  1. Cetak Nota Penjualan

Apabila semua kolom yang ada di opsi Nota Penjualan sudah terisi semua, maka Anda bisa menyimpannya dengan menekan tombol “Save”  atau bisa juga dikirimkan secara langsung.

Sebelum mencetak nota penjualan, pastikan Anda memeriksa terlebih dahulu agar tidak ada yang keliru. Hal ini juga berlaku jika Anda ingin mengirim nota ke email pelanggan.

  1. Cek Status Nota

Terakhir, Anda bisa pantau terus status pengiriman nota penjualan Anda ke pelanggan dengan beberapa fitur yang telah disematkan oleh aplikasi. Beberapa fitur untuk mengecek status nota penjualan ini terdiri dari :

  • Draft nota yang masih belum dikirim ke pelanggan
  • Paid untuk keterangan nota telah terbayar
  • Overdue untuk keterangan nota telah tertunggak

Aplikasi Invoice, Akuntasi, Pembukuan Usaha dari Paper.id adalah salah satu teknologi yang memudahkan para pelaku usaha untuk membuat nota penjualan dengan mudah.

Selain membuat nota penjualan, Anda juga bisa mengelola inventaris dagangan  Anda dengan menu “Kelola Stok”. Mau menghitung laporan keuangan juga bisa dengan aplikasi ini,

Cara membuat nota penjualan di android menjadi semakin mudah. Ya, semua kebutuhan tentang laporan atau pembuatan nota penjualan bisa dibuat secara akurat hanya dengan memanfaatkan smartphone.