Cara Dark Mode Facebook, Twitter dan Whatsapp Di Android
Sumber gambar: tribun

Cara Dark Mode Facebook, Twitter dan Whatsapp Di Android

Pernahkah Anda merasa silau pada layar android Anda di malam hari ketika sedang berselancar di WhatsApp atau Facebook? Mungkin sebagian besar orang pasti menjawab pernah. Oleh karena itu, pada kesempatan ini admin ingin membahas bagaimana cara dark mode Facebook, Twitter dan Whatsapp di Android agar Anda merasa lebih nyaman menggunakan smartphone, khususnya di malam hari.

Dark mode atau mode gelap merupakan fitur yang memungkinkan Anda bisa mengganti tema warna suatu aplikasi menjadi hitam dan sedikit lebih nyaman di mata. Jika Anda menggunakan smartphone yang memiliki layar OLED, dark mode ini juga bisa menghemat masa pakai baterai juga.

Cara Mengaktifkan Dark Mode Facebook di Android

Saat ini, banyak sekali pengguna smartphone yang bisa mengaktifkan dark mode di banyak aplikasi. Mode gelap tersedia di beberapa aplikasi populer, seperti Twitter, Facebook, Google Chrome, WhatsApp dan sebagainya.

Facebook sendiri meluncurkan dark mode ke beberapa penggunanya. Mode gelap Facebook menggantikan interface putih terang di aplikasi seluler dan situs web dengan latar belakang hitam. Beberapa orang merasa lebih mudah untuk melihat aplikasi karena mengurangi sedikit ketegangan pada mata mereka.  Berikut adalah cara untuk mengaktifkan dark mode Facebook di android “

  1.     Bukalah aplikasi Facebook yang sudah terinstal
  2.     Masuk ke akun Facebook Anda
  3.     Klik ikon tiga barisatau gambar hamburger yang ada di bilah menu atas aplikasi
  4.     Scroll saja ke bawah kemudian klik opsi bertuliskan Pengaturan dan Privasi
  5.     Setelah itu Anda bisa mengklik Dark Mode
  6.     Klik tombol Hidup

Apabila opsi dark mode ini tidak tersedia untuk android Anda, maka cobalah untuk update aplikasi Facebook ke versi terbaru. Jika menu dark mode ini masih belum tersedia, maka bisa jadi android Anda belum mendukung opsi ini.

Cara Tampilan Hitam Twitter di Android

Cara Tampilan Hitam Twitter di Android
Sumber gambar: selular.id

Sama seperti Facebook dan WhatsApp yang memiliki mode gelap, Twitter juga menawarkan opsi kepada pengguna untuk menikmati dark mode. Namun, mengaktifkan dark mode di Twitter jauh lebih mudah dan cepat. Ikuti tutorial berikut:

  1.     Pertama, silahkan klik profil iconyang terletak di pojok kiri atas.
  2.    Kemudian pilih icon lampu
  3.     Sekarang tampilan Twitter beralih ke mode gelap

Oh iya, cara diatas adalah metode manual yang mengharuskan Anda mengklik icon lampu setiap kali ingin beralih ke mode gelap atau normal. Agar otomatis aktif setiap malam, ikuti langkah-langkah dibawah:

  1. Klik profil icon
  2. Pilih menu setting and privacy
  3. Klik display and sound
  4. Pilih dark mode
  5. Klik Automatic at sunset

Cara Dark Mode WhatsApp di Android

Dark Mode WhatsApp di Android
Sumber gambar: tirto

Aplikasi pesan instan populer WhatsApp akhirnya meluncurkan fitur mode gelapnya untuk pengguna iOS dan Android baru-baru ini. WhatsApp meluncurkan fitur Dark Mode untuk semua pengguna Android.

Semua pengguna smartphone dapat mengunduh pembaruan WhatsApp Messenger terbaru dari Google Play Store untuk mendapatkan fitur dark mode ini. Adapun cara untuk mengaktifkan menu ini adalah :

  1.     Buka  Google Play Store di ponsel Android Anda untuk mengunduh dan menginstal WhatsApp versi terbaru.
  2.     Setelah versi WhatsApp yang diperbarui selesai diinstal, maka klik ikon menu tiga titik di kanan.
  3.     Pilih opsi bertuliskan Pengaturan.
  4.     Klik Obrolan untuk masuk ke pengaturan obrolan.
  5.     Selanjutnya, klik Tema dan nantinya ada beberapa opsi untuk memilih tema untuk aplikasi.
  6.     Ketuk Gelap jika ingin menggunakan dark mode WhatsApp.

Cara dark mode Facebook, Twitter dan Whatsapp di Android sangatlah mudah. Dengan adanya dark mode ini, maka akan sangat membantu mata Anda di lingkungan dengan cahaya redup.