Lebih Dekat Dengan Sosok Pencetus Lahirnya Adobe Photoshop

Untuk kamu yang jurusan pendidikannya desain grafis atau kamu yang sedang hobi mengedit sebuah gambar, tentu sudah tidak asing dengan aplikasi atau software edit foto terbaik yaitu adobe photoshop. Aplikasi ini bisa dibilang aplikasi edit foto yang sangat komplit dan sangat bisa diandalkan.

Namun, terlepas dari kecanggihan teknologi tersebut, tahukah kamu orang yang pertama kali mencetuskan aplikasi adobe photoshop? Ya. Dia adalah Thomas Knoll. Pria yang lahir di Ann Arbor, Michigan, Amerika Serikat ini mencetuskan dan membuat aplikasi edit foto photoshop pada tahun 1987. Pada saat membuat aplikasi ini Thomas merupakan calon doktor di Universitas Michigan.

Saat mengerjakan tesis, Thomas membeli komputer Apple Mac Plus. Tapi ternyata komputer itu tak mampu menampilkan gambar berwarja grayscale. Ia lantas menyiasatinya dengan membuat sebuah aplikasi. Sebenarnya Thomas telah bekerja di Industrial Light & Magic. Di pekerjaannya itu ia turut serta dalam menggarap film “Star Wars” dan “Star Trek”. Ia mulai menyadari aplikasi yang dikembangkannya mirip dengan yang dipakai di Industrial Light & Magic.

Bersama sang adik, John Knoll, ia kemudian mulai serius dalam mengembangkan aplikasi pengolah gambar pertamanya. Aplikasi itu ia beri nama Display. Diketahui pula Thomas rela mengambil cuti selama satu semester demi aplikasi tersebut. Kemudian saat pengembangan Display menjadi semakin baik, mereka mengganti namanya menjadi ImagePro. Pada 1988 perusahaan pemindai BarneyScan membeli aplikasi bikinan Thomas dan John Knoll. Setelah diakuisisi nama Photoshop lahir dan saat itu dibuat hanya 200 copy. Adobe membeli lisensi Photoshop dan merilis versi awal Adobe Photoshop pada Februari 1990. Awalnya aplikasi ini hanya berjalan di komputer Macintosh.

 

Tinggalkan komentar