Cara Hapus Data Dari Smartphone Yang Hilang Atau Dicuri
Sumber gambar: wiki how

Cara Hapus Data Dari Smartphone Yang Hilang Atau Dicuri

Kehilangan Smartphone tentu saja sebuah pukulan yang berat bagi sebagian orang, terlepas dari harganya yang cukup mahal, Smartphone sendiri terkadang menyimpan beberapa data penting pemiliknya.

Salah satu masalah tentu saja jika Smartphone anda hilang atau dicuri, anda akan khawatir dengan data yang ada di dalam Smartphone tersebut. Karena jika data tersebut sangat penting dan bersifat pribadi tentu sagat takut jika orang yang telah menemukan atau mencuri ponsel Anda akan melakukan hal negatif mengenai data yang ada di dalam ponsel.

Namun, anda tidak usah terlalu khawatir, karena ada beberapa cara untuk melakukan penghapusan data dalam Smartphone milik anda yang telah hilang atau dicuri.

 

Berikut Cara Hapus Data Dari Smartphone Yang Hilang Atau Dicuri

Berikut Cara Hapus Data Dari Smartphone Yang Hilang Atau Dicuri
Sumber gambar: okezone

Pertama, Anda harus membuka pengaturan Google dan beralih ke opsi keamanan lalu pilih ‘temukan perangkat saya’. Anda harus memastikan opsi tersebut di aktifkan agar lokasi perangkat dapat terdeteksi dan dapat di akses oleh aplikasi.

Kemudian cari lalu aktifkan opsi ‘izinkan kunci jarak jauh dan hapus’ . setelahnya Anda dapat mengaktifkan toggle kedua di device manager, pastikan kembali bahwa pengaturan ‘temukan perangkat saya’ telah diaktifkan. Temukan perangkat saya dapat diakses melalui aplikasi maupun web. Setelah Anda masuk dalam fitur tersebut, nantinya perangkat yang hilang akan terdeteksi tetapi jika mendapatkan sinyal dan pada perangkat yang aktif saja

Anda juga akan melihat tiga opsi yatu dengan membunyikannya, menguncinya, atau menghapusnya dari jarak jauh. Jika perangkat tidak aktif atau tidak bisa mendapatkan sinyal, Temukan Perangkat Saya akan melaporkan lokasinya saat diaktifkan dan terhubung ke Wi-Fi atau jaringan seluler.

Langkah kedua, Anda perlu mengubah layar kunci yang akan menampilkan sebuah tulisan “Tolong panggil saya” atau “Kembalikan Ponsel Saya” akan muncul ketika perangkat diaktifkan. Namun jika kedua hal di atas tidak berhasil, Anda dapat menghapus seluruh data yang ada.Namun perlu diingat, penghapusan jarak jauh tidak dapat menghapus data yang ada dalam kartu micro SD. Dan Anda mungkin perlu kata sandi Google Anda untuk menggunakan lagi setelah menghapus. Anda juga tidak akan dapat menggunakan aplikasi Temukan Perangkat Saya setelah proses ini.

Opsi hapus akan menghilangkan semua data yang ada dari jarak jauh yang sama dengan mengatur ulang perangkat pada setelan pabrik. Jika Temukan Perangkat Saya tidak dapat terhubung, ada dua hal lagi yang dapat Anda coba. Google Maps melacak riwayat lokasi ponsel Anda atau setidaknya, itu terjadi jika Anda belum mematikan fitur itu di Akun Google jadi terkadang Anda dapat menemukan di mana ponsel Anda yang hilang dengan mengunjungi halaman Riwayat Lokasi dan memeriksa cap waktu. Tidak akan selalu memberi tahu Anda di mana ponsel Anda sekarang, tetapi dapat memberi tahu Anda di mana ponsel itu berada.

Pilihan lainnya adalah menggunakan aplikasi seperti Android Lost, yang berfungsi pada perangkat Android lama. Ini adalah salah satu dari beberapa solusi yang dapat Anda instal dari jarak jauh, jadi ini adalah opsi yang baik jika Anda tidak mengaktifkan opsi Temukan Perangkat Saya yang disebutkan di atas.