surat sangat rahasia terdiri dari amplop

surat sangat rahasia terdiri dari amplop

jawaban

Surat sangat rahasia terdiri dari 3 buah amplop. Dan biasa diberi kode “SRHS” atau “SR”, tingkat kerahasiaan surat ini sangat tinggi, biasanya yang berhubungan erat degan keamanan Negara.  Amplop pertama diberi tanda “sangat rahasia” lalu dimasukkan ke amplop kedua yang diberi tanda “sangat rahasia”. kedua amplop ini dimasukkan pada amplop ketiga yang merupakan amplop biasa (tidak diberi tanda).

Pembahasan

Surat adalah alat komunikasi yang dibuat secara tertulis untuk menyampaikan berita/informasi dari seseorang/lembaga/instansi kepada seseorang/lembaga/instansi dengan mengikuti aturan dan bentuk tertentu.

Berdasarkan wujud fisiknya, surat dibagi menjadi :

  1. Surat bersampul.
  2. Kartu pos
  3. Warkat Pos
  4. Memorandum]
  5. Telegram.

Menurut sifat isi surat, surat dapat diklasifikasikan sebagai:

  • Surat dinas, yakni surat yang berisi persoalan dinas dan dibuat oleh instansi pemerintah atau swasta;
  • Surat pribadi, yakni surat yang berisi masalah perorangan atau pribadi, baik itu masalah kekeluargaan maupun masalah hubungan pribadi dengan dinas;
  • Surat niaga, yakni surat yang berisi persoalan niaga dan dibuat oleh perusahaan.

Berdasarkan keamanannya surat dibagi menjadi 2 yaitu :

  1. Surat rahasia atau konfidensial (biasa diberi kode “RHS” atau “R”), yakni surat atau dokumen yang isinya tidak boleh diketahui oleh orang lain selain yang jelas dituju oleh surat itu.
  2. Surat sangat rahasia (biasa diberi kode “SRHS” atau “SR”), yakni surat yang tingkat kerahasiaannya sangat tinggi, biasanya yang berhubungan erat degan keamanan Negara.