Cara Setting Penyimpanan Download di Android
Sumber gambar: carisinyal

Cara Setting Penyimpanan Download di Android

Salah satu faktor yang membuat penyimpanan internal android mudah penuh adalah pengaturan download di HP. Secara defaultf, file yang didownload akan tersimpan di memori internal. Untuk menghindari hal seperti ini, maka Anda harus tahu bagaimana cara setting penyimpanan download di android. Sehingga, memori internal di smartphone Anda tidak mudah penuh.

Sebagian besar smartphone saat ini diluncurkan dengan banyak penyimpanan tanpa opsi untuk memasukkan kartu microSD. Namun, adapula beberapa smartphone yang memungkinkan pengguna untuk memperluas penyimpanan menggunakan kartu microSD. Nah, untuk meminimalisir penyimpanan internal Anda penuh, silahkan disimak baik-baik tutorial berikut.

Cara Mengubah Setting Penyimpanan Download

Secara default, browser Chrome Google mendownload File ke Folder “Download” yang terletak di penyimpanan internal ponsel atau tablet Android Anda. Namun, jika ponsel Android Anda memiliki Slot Kartu Micro-SD, Anda dapat membuat pengaturan browser Chrome agar file unduhan Anda bisa masuk ke kartu SD.

Sangat mudah untuk mengubah lokasi unduhan Chrome di ponsel atau tablet android ke kartu SD. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat browser Chrome menyimpan file unduhan Anda ke kartu SD daripada mengunduhnya ke penyimpanan perangkat.

  1.     Bukalah browser Chrome Anda.
  2.     Ketuk ikon menu 3 titik.
  3.     Pilih opsi “Setelan” di menu bawah.
  4.     Pada layar Pengaturan, Anda bisa scroll ke bawah dan ketuk pada opsi “Download”
  5.     Pada halaman berikutnya, klik opsi “Lokasi Unduhan”.
  6.     Setelah itu pilih “Kartu Secure Digital”
  7.     Klik “Selesai” dan file yang Anda unduh otomatis akan tersimpan di kartu SD

 

Cara Mengubah Setting Penyimpanan Download Dengan Mode “Ask Where to Save Files”

Selain menyimpan file unduhan ke kartu SD, Anda juga bisa kok mengatur penyimpanan dengan mode “Ask Where to Save Files”. Dengan mode ini, Anda dapat memiliki kontrol lebih besar atas file yang diunduh.

Jadi, dengan mode “Ask Where to Save Files” atau “Tanya Tempat Menyimpan File” di browser Chrome, maka setiap kali Anda mengunduh file di perangkat Android, sistem otomatis akan bertanya terlebih dahulu, apakah Anda ingin menyimpan di kartu SD atau penyimpanan internal.

Berikut  adalah cara setting penyimpanan download di Android dengan mode “Tanya Tempat Menyimpan File” :

 

  1.     Buka browser Chrome
  2.     Ketuk ikon 3 baris di kanan atas
  3.     Pilih menu “Setelan”
  4.     Scroll sampai ke bawah sampai menemukan opsi “Download”.
  5.     Aktifkan opsi “Tanya Tempat Menyimpan File” dengan menggeser tombol ke kanan.

Sekarang, ketika Anda mengunduh File menggunakan browser Chrome di perangkat Android Anda, maka akan selalu muncul pop uo yang memberi Anda opsi untuk memilih lokasi unduhan.

Cara Mengosongkan Memori Internal

Selain menyimpan file di kartu SD, Anda juga dapat menggunakan kartu tersebut untuk menyimpan aplikasi dan data aplikasi. Jadi, Anda bisa kok mengosongkan penyimpanan di ponsel Anda.

Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua perangkat Android memungkinkan Anda untuk memindahkan aplikasi yang terpasang ke kartu SD. Beberapa aplikasi juga memungkinkan Anda untuk memindahkan hanya sebagian kecil ke kartu SD dan sisanya tetap berada di penyimpanan internal.

Bagi Anda yang mungkin merasa penyimpanan internalnya masih penuh sekalipun pengaturan downloadnya telah dipindah ke kartu SD, Anda bisa kok memindahkan data dan aplikasi dari penyimpanan interna. Adapun cara memindahkan aplikasi ke kartu SD di smartphone adalah :

  1.     Buka “Pengaturan” di ponsel Anda.
  2.     Klik pada “Memori dan Penyimpanan”
  3.     Klik “Penyimpanan default”.
  4.     Pilih kartu SD dan biarkan ponsel melakukan boot ulang.
  5.     Sekarang, semua aplikasi berada di kartu SD.

Dengan cara setting penyimpanan download di Android dan mengatur semua penyimpanan ke kartu SD, maka Anda tidak perlu khawatir lagi pada internal storage Anda.