Cara Cek Saldo Pkh Lewat Android yang Mudah dan Cepat

Ada enam program bantuan sosial yang memungkinkan masyarakat mencapai taraf hidup mereka. Seperti tahun lalu, tahun ini bansos dilakukan secara rutin. Bantuan sosial diberikan secara berkala sesuai dengan rencana pemerintah. Misalnya program Keluarga Harapan (PKH) yang dijalankan oleh Kementerian Sosial. Kira-kira, sudah tahu belum bagaimana cara cek saldo PKH lewat android?

COVID-19 sangat mendukung bantuan sosial tahun ini. Diharapkan dengan memberikan modal dan pendapatan selama wabah ini, bantuan sosial dapat membantu kelangsungan hidup masyarakat. Misalnya, dana PKH akan diluncurkan dan disalurkan kepada 10 juta penerima.

Pemerintah memiliki informasi tentang mantan penerima bansos. Biasanya, data berasal dari petugas lapangan atau laporan biaya hidup yang diperlukan. Masyarakat yakin mereka menerima manfaat jaminan social yang akan segera diluncurkan pemerintah.

Artikel terbaru ini akan berbagi tentang cara cek saldo Pkh lewat android yang perlu Anda ketahui. 

Cek bansos kartu sembako

Cek bansos kartu sembako
Sumber gambar: pikiran rakyat

Bagi yang ingin cek bansos Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bisa klik di laman resmi menteri sosial https://kemensos.go.id/. Kementrian terkait menargetkan, bansos sembako sudah diterima Keluarga Penerima Manfaat(KPM). Kartu Sembako/BPNT akan menjangkau 18,8 juta KPM dengan indeks Rp 200 ribu/bulan/KPM. Bansos kartu sembako disalurkan akan diisalurkan dalam waktu dekat. Nilai bansos sembako rata-rata per bulan adalah Rp3,76 triliun.

Cek bansos PKH

Cek bansos PKH
Sumber gambar: tribun

Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) bisa cek bansos di laman resmi menteri sosial https://kemensos.go.id/. Mereka yang menerima PKH sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Program bansos PKH bisa digunakan untuk konsumsi dan bantuan modal. Mereka yang bisa mandiri dinilai lulus PKH dan bisa ikut dalam seleksi pemberian bantuan modal Rp 3,5 juta.

Bagaimana Cara Cek Saldo Pkh Lewat Android?

Cek bansos Rp 300 ribu

Bantuan Sosial Tunai (BST) atau bansos Rp 300 ribu diberikan pada warga yang terdampak pandemi COVID-19. Calon penerima bisa cek bansos di laman resmi menteri sosial. Penerima bansos Rp 300 ribu bisa terdaftar atau tidak dalam PKH. Bagi yang tidak terdaftar bisa mendapatkan bantuan dengan usulan daerah. Bantuan akan ditransfer atau dikirim lewat pos.

Bantuan ini diharapkan bisa menunjang kebutuhan hidup sehari-hari masyarakat.

Cek bansos kartu prakerja gelombang 12

Bagi yang ingin ikut program kartu prakerja gelombang 12 bisa cek di laman resmi milik pemerintah. Pemerintah mungkin akan mengubah program yang digawangi Kemenaker ini menjadi semi bansos. Saat ini belum ada pengumuman lebih lanjut terkait kartu prakerja gelombang 12, Tak ada salahnya menyiapkan syarat yang diperlukan. Misal KTP dan KK yang masih berlaku untuk syarat pendaftaran.

Cek bansos BLT dana desa

Cek bansos BLT dana desa
Sumber gambar: tribun

BLT dana desa berasal dari dana pemerintah untuk pembangunan tiap desa. Informasi lebih lanjut soal cara dan syarat penerima BLT dana desa bisa cek bansos di laman resmi menteri desa. Pemerintah desa setempat biasanya akan mengumumkan warganya yang berhak menerima BLT dana desa. Penerima bukan bagian dari program bansos yang digawangi Kemensos yaitu PKH, kartu sembako BPNT, dan BST Rp 300 ribu.

Cara Cek Saldo PKH

Cara Cek Saldo PKH
Sumber gambar: tribun

Sementara untuk Cek Saldo Pkh, caranya cukup mudah. Penerima bansos PKH bisa dicek melalui laman resmi menteri sosial (https://kemensos.go.id/) atau website pemerintah provinsi masing-masing. Sementara ini, website resmi menteri sosial masih mengalai kendala, maka disarankan untuk membuka laman bantuan pada website pemerintahan masing-masing daerah.

Semoga informasi diatas bisa menjadi referensi bermanfaat bagi kita semua.