Cara Melihat Penghasilan Youtube di Android, Channel Sendiri dan Orang lain

YouTube berhasil mengubah pola kehidupan masyarakat modern, baik dari segi hiburan dan profesi. Kita bisa mendapatkan beraneka macam hiburan yang menarik, sekaligus berkesempatan terjun menjadi content creator dan menghasilkan uang. Bicara soal duit, sudah tahu belum bagaimana cara melihat penghasilan YouTube di android? Informasi penting bagi Anda yang sering kepo.

Mengingat YouTuber bukanlah profesi yang asing ditelinga masyarakat, wajar membuat sebagian besar orang kepengen tahu berapa sih gaji YouTuber. Apalagi semakin banyaknya public figur atau seleb yang juga berkecimpung dalam dunia YouTube.

Untuk melihat estimasi penghasilan channel YouTube orang lain atau milik sendiri, silahkan disimak informasi selengkapnya berikut.

Cara Melihat Penghasilan Youtube di Android dengan Socialblade

Socialblade
Sumber gambar: idn times

Untuk mengetahui penghasilan para youtuber di tanah air maupun luar negeri sebenarnya merupakan hal yang sangat mudah. Saat ini ada sebuah website yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan gaji YouTube. Namun perlu digarisbawahi bahwa cara melihat penghasilan youtuber ini bukanlah nominal yang mutlak, karena hanya sebatas perkiraan saja.

Dalam kata lain, umumnya penghasilan youtuber yang aslinya lebih dari perkiraan yang ada di social Blade. Berikut ini merupakan cara yang dapat dilakukan.

1. Membuka Browser Pada Android

Langkah pertama yaitu membuka Browser yang dipakai untuk berselancar internet di smartphone Android. Misalnya yaitu Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, atau proses apapun yang lancar untuk membuka internet.

2. Cari Channel Youtube yang Akan Dicari Tahu

Langkah selanjutnya yaitu membuka website YouTube dengan smartphone Android yang digunakan. Jika website YouTube telah terbuka, maka bisa langsung menemukan atau mencari channel YouTube yang akan dilihat penghasilannya. Setelah itu, bisa copy link channel tersebut dan ingatlah nama channelnya.

3. Kunjungi Website Socialblade

Setelah copy link channel, langsung buka tab browser baru untuk membuka website social Blade. Paste link channel yang telah di-copy di bagian kolom yang tersedia di website social Blade. Selain mem-paste Link, bisa juga dengan mengetikkan nama channel YouTube yang akan dicari penghasilannya. Selanjutnya bisa Klik tombol cari atau enter untuk melakukan pengecekan penghasilan.

4. Website Akan Menampilkan Informasi

Dengan demikian maka informasi terkait dengan penghasilan youtuber akan ditampilkan pada website. Ternyata, website ini tidak hanya menampilkan informasi terkait dengan penghasilan YouTube per bulan saja, tetapi informasi detail lainnya juga disajikan, misalnya jumlah upload, jumlah subscriber, penonton video, negara, tipe channel, dan lain sebagainya.

Cara Melihat Penghasilan Youtube Channel Sendiri

Ternyata para youtuber juga bisa melakukan pengecekan penghasilan cahaya sendiri dengan mudah. Berikut ini cara yang bisa dilakukan.

1. Tampilan Creator Studio Klasik

Tampilan Creator Studio Klasik
Sumber gambar: anak kost. Tv

Pertama-tama bukalah YouTube melalui browser kemudian login dengan akun Google untuk masuk ke channel YouTube. Klik profil dan pilih Creator studio. Di bagian kiri, klik ‘analytics’, lalu pilih ‘Laporan Pendapatan’.

2. Tampilan YouTube Studio

Tampilan YouTube Studio
Sumber gambar: inwepo

Login pada akun Google yang telah terhubung channel YouTube. Klik profil dan pilih YouTube Studio. Selanjutnya, klik ‘Analytics’, lalu pilih ‘Pendapatan’.

3. Cek Lewat Google Adsense

Cek Lewat Google Adsense
Sumber gambar: masyog

Pengecekan penghasilan YouTube channel sendiri juga dapat dilakukan dengan membuka website Google AdSense. jika sudah masuk pada website, langsung login dengan akun Google yang terhubung dengan channel YouTube.

Itulah beberapa cara melihat penghasilan YouTube di Android yang dapat dilakukan. Namun kembali lagi, bahwa informasi tersebut hanyalah perkiraan, sehingga tidak mutlak merupakan penghasilan asli.