Cara Memblokir Pengguna Wifi Kita Lewat Android dengan Mudah

Wi-Fi adalah alternatif untuk mengakses internet yang lebih banyak dipilih oleh masyarakat, khususnya penggunaan sehari-hari di rumah dan perkantoran. Sekarang ini sudah ada banyak provider yang menawarkan router Wi-Fi, dengan penawaran masing-masing. Dibalik kecepatan dan kuota berlimpah, WiFi seringkali rentan dipakai tanpa izin. Maka dari itu, penting mengetahui bagaimana cara memblokir pengguna WiFi kita lewat Android.

Pengguna yang ikut memakai jaringan WiFi tanpa izin jelas mengganggu. Kita pasti merasa kesal dan bisa membuat kecepatan internet semakin berkurang. Sebagai solusi, admin sudah menyiapkan beberapa langkah mudah untuk Anda semua.

Apakah Ada Cara Memblokir Pengguna Wifi Kita Lewat Android?

Tentunya ada cara yang dapat dilakukan untuk memblokir pengguna WiFi yang tanpa izin melalui Android. Dengan melakukan cara-cara berikut ini tentunya akan lebih leluasa dan nyaman ketika menggunakan wi-fi di rumah. Untuk urusan lebih jelasnya, maka bisa melihat beberapa cara berikut ini.

Blokir Pengguna Wi-Fi Dengan Block WiFi Freeloader

Jika ingin memblokir pengguna WiFi yang tanpa izin, maka bisa menggunakan aplikasi yang tersedia di PlayStore Pada Google PlayStore, carilah aplikasi dengan nama Block WiFi Freeloader. Jika sudah menemukannya, maka langsung unduh dan install aplikasi tersebut pada smartphone Android.

Setelah Block WiFi Freeloader berhasil diinstall, langsung buka. Nantinya, aplikasi akan menampilkan nama router wi-fi serta daftar perangkat yang menggunakan wi-fi tersebut. Apabila dirasa belum semua perangkat telah muncul, maka lakukanlah scan ulang untuk bisa memastikan siapa saja penggunanya.

Apabila sudah dirasa yakin bahwa semua perangkat yang menggunakan wi-fi telah ditampilkan oleh aplikasi ini, maka selanjutnya status pengguna wi-fi tersebut dapat diubah sesuai dengan keinginan. Untuk perangkat-perangkat pengguna Wifi yang dikenali, bisa memperoleh status ‘Known’.

Begitu juga sebaliknya, jika terdapat perangkat asing yang menggunakan wi-fi dan tidak dikenali siapa penggunanya, maka status tersebut dapat diubah menjadi ‘Stranger’.

Setelah itu, masuk pada menu ‘Router Manager’, lalu klik ‘Block’. Dengan demikian maka pengguna WiFi asing yang tidak dikenali telah terblokir. Perangkat asing tidak dapat lagi menggunakan jaringan Wifi yang kita miliki.

Blokir Pengguna Wi-Fi Dengan Aplikasi Wi-Fi Thief Detector

Aplikasi lainnya yang dapat memblokir pengguna Wifi yang tidak dikenal yaitu Wi-fi Thief Detector. Aplikasi ini dapat diperoleh gratis lewat Google PlayStore.

Jika sudah terinstal pada Android, maka bisa klik ‘Let’s start’ pada halaman utama untuk memulainya. Aplikasi ini secara otomatis akan melakukan scan perangkat apa saja yang terhubung dengan wi-fi.

Setelah ditunggu beberapa saat, hasil scanning pun keluar, hingga kita bisa melihat device detail, daftar perangkat yang terhubung dengan wi-fi. Jika terdapat perangkat yang tidak dikenali, maka dapat melihat MAC address. Selanjutnya, masuk pada pengaturan router melalui PC untuk memblokir permanen. Dengan demikian maka perangkat tersebut sudah tidak dapat lagi terhubung dengan wi-fi milik kita.

Aplikasi Blokir Pengguna WiFi Android Terbaik

Selain dua aplikasi diatas, masih ada banyak apliaksi blokir pengguna WiFi lainnya yang bisa didownload gratis di Google Play Store. Beberapa rekomendasi terbaiknya antara lain:

  1. WiFi Master – by wifi.com
  2. Block WiFi & IP Tools
  3. WiFi Pelindung

Dengan mengikuti beberapa cara tersebut, maka kita bisa memblokir para pengguna Wifi asing yang tidak dikenali. Bagi yang memiliki wifi, maka wajib mengetahui cara memblokir pengguna wifi kita lewat android. Sehingga tidak sembarangan orang ikut menggunakannya.