Cara Membuat Formulir Online di Android yang Mudah dan Dijamin Berhasil

Membuat formulir adalah kegiatan yang sudah menjadi rutinitas sehari-hari bagi para karyawan, baik itu untuk kepentingan pribadi dan perusahaan. Selama ini, laptop dan PC masih menjadi andalan ketika ingin membuat sebuah formulir. Asalkan Anda tahu, ternyata kita juga bisa memanfaatkan ponsel lho. Simak deh bagaimana cara membuat formulir online di android berikut ini.

Sebenarnya, Google sudah menyediakan fitur Google Form, untuk membuat berbagai jenis formulir tanpa ribet. Tapi tak semua orang memiliki akun Google, sehingga terkendala waktu hanya untuk membuat akun terlebih dahulu sebelum lanjut membuat formulir yang dibutuhkan.

Untuk menyiasatinya dan mencoba alternatif lain, berikut pembahasan selengkapnya yang bisa dicoba.

Cara Membuat Formulir Online di Android Pakai Aplikasi

Saatnya untuk mempersiapkan HP Android Anda, pastikan dalam kondisi baterai mencukupi dan terhubung dengan internet yang stabil. Supaya proses membuat formulir tidak terganggu dan bisa cepat selesai. Seperti apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan?

  • Anda perlu mengunduh terlebih dahulu aplikasi untuk membuat formulir online Salah satunya yang bisa dipakai adalah Formsapp, yang bisa Anda downloadmelalui Google Play Store.
  • Pastikan aplikasi ini bisa dipakai, dengan membuka aplikasi dengan lambang lingkaran toscadengan tiga balok tak simetris tersebut.
  • Lanjutkan dengan mengizinkan akses dari aplikasi tersebut ke HP Anda, dengan memilih tombol izinkan yang muncul di layar HP.
  • Setelah itu, Anda akan diminta memilih akun email yang akan di sinkronisasi dengan formulir onlineyang akan dibuat. Jika tidak ada pada daftar akun yang familiar Anda buka, tinggal pilih tambahkan akun dan masukkan akun email sinkronisasi, akhiri dengan klik tombol oke.
  • Anda akan masuk ke halaman pembuatan form, lalu pilih blank formuntuk pembuatan formulir baru.
  • Jika data belum cukup, Anda bisa menambahkan box pertanyaan dengan menekan tanda plus (+) yang terletak di pojok bawah halaman. Sehingga bisa ditambahkan pertanyaan baru yang diinginkan pada lembaran formulir tersebut.
  • Jika isi formulir sudah selesai Anda buat, lanjutkan dengan membuat judul formulir dengan memilih blank form.Ketik judul yang diinginkan kemudian klik tombol submit.
  • Selanjutnya adalah pengaturan pertanyaan mana yang wajib diisi oleh penerima formulir, ceklis dengan memencet tombol di sisi kanan formulir. Setelah selesai, lanjutkan dengan menekan tombol submit.
  • Jangan lupa untuk melakukan pengaturan, apakah formulir akan dibagikan satu persatu, berdasarkan email, atau pengaturan lain yang Anda butuhkan. Caranya tinggal centang di sisi kanan daftar pengaturan yang tersedia.
  • Jika semua langkah di atas sudah selesai, saatnya untuk mengecek tampilan formulir sebelum formulir tersebut dikirimkan ke alamat email Anda.
  • Jika ingin langsung menyebarkannya melalui media sosial atau email lainnya, Anda tinggal pilih menu share kemudian pilih jenis akun yang akan dijadikan tujuan pengiriman.
  • Setelah itu klik oke untuk memastikan pengiriman formulir berlangsung.

Keuntungan Pakai Formulir Online

Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari pembuatan formulir online, jika dibandingkan dengan membuat formulir manual melalui software pada komputer. Apa saja keuntungannya?

  • Mudah

Anda bisa dengan mudah membuatnya melalui aplikasi yang sudah tersedia, cukup mengandalkan HP Android dan bisa dilakukan dimana saja tanpa harus terhubung pada komputer atau laptop.

  • Cepat

Prosesnya juga terbilang cepat, tinggal mengedit formulir yang sudah tersedia dengan berbagai pertanyaan versi Anda.

  • Bisa Langsung Kirim

Setelah Anda selesai membuat formulir, bisa langsung kirim ke manapun yang Anda inginkan.

Ternyata sangat mudah untuk membuat formulir online, tidak butuh banyak waktu dan tenaga untuk membuatnya. Anda tinggal menerapkan cara membuat formulir online di android ini, lalu lihatlah hasilnya akan sangat bagus dan siap sebar kemanapun dalam waktu singkat.

Tinggalkan komentar