Membuat Foto 3D di Android Dengan Aplikasi Terbaik
Sumber gambar: keepo.me

Cara Membuat Foto 3D di Android Dengan Aplikasi Terbaik

Foto 3D pastinya memiliki nilai seni lebih tinggi dan tampilan jauh lebih menarik dibandingkan gambar biasa. Oleh sebab itu, foto 3D biasa dicari untuk digunakan sebagai wallpaper hp. Apakah Anda tertarik mengedit foto dan menambah efek 3D? Kalau begitu, mari kita pelajari cara membuat foto 3D di Android berikut.

Trend foto 3D memang sangat populer, apalagi sejak media sosial semakin menjadi bagian keseharian banyak orang. Untungnya sudah banyak aplikasi yang mendukung pembuatan foto tersebut dengan lebih mudah, tanpa perlu mengandalkan PC atau laptop. Penasaran bagaimana langkah demi langkahnya? cari tahu sendiri dibawah ini.

Cara Membuat Foto 3C di Android Dengan 7 Aplikasi

Ada tiga aplikasi yang bisa dipakai untuk menghasilkan foto 3D berkualitas. Anda cukup mengunduhnya pada HP Android, kemudian gunakan fitur yang tersedia pada aplikasi tersebut.

LucidPix

LucidPix
Sumber gambar: venture

Aplikasi ini terbilang lengkap soal urusan pembuatan foto tiga dimensi berkualitas, proses kerjanya juga cepat karena mengadopsi berbagai software canggih. Kemudian kamera dan software di dalamnya akan melakukan konversi dari foto dua dimensi yang dihasilkan kamera HP menjadi tiga dimensi. Bagaimana cara kerjanya?

  • Pertama, Anda tinggal ambil foto menggunakan kamera HP seperti biasa lalu simpan di media penyimpanan.
  • Kedua, buka aplikasi LucidPix kemudian pilih foto yang akan dijadikan 3D melalui daftar foto yang tersedia.
  • Ketiga, pilih konversi 3D untuk memastikan foto Anda diubah menjadi sudut pandang tiga dimensi.
  • Keempat, tunggu proses selesai dan foto Anda akan terlihat lebih hidup dan bermakna ketimbang foto aslinya.

LucidPix 3D Photo Creator berukuran 36MB dan sudah didownload oleh 1 juta lebih pengguna android.

Loopsie – 3D Photo Dazz Cam & Pixeloop

Loopsie - 3D Photo Dazz Cam & Pixeloop
Sumber gambar: google Play

Aplikasi ini juga bisa digunakan, bahkan Anda juga bisa menambahkan banyak filter yang tersedia untuk menambah kesan nyata pada foto Anda. Cara menggunakannya adalah:

  • Pertama, unduh dan buka aplikasi Loopsie yang sudah terpasang pada HP Android Anda, kemudian ambil fitur kamera.
  • Kedua, foto momen atau objek yang diinginkan untuk diubah menjadi tiga dimensi.
  • Ketiga, pilih fitur 3D untuk memastikan foto tersebut dikonversi menjadi 3D.
  • Keempat, Anda bisa memakai fitur filter yang tersedia kemudian menambahkan filter yang diinginkan.
  • Kelima, klik ok untuk memastikan foto tiga dimensi Anda berhasil dibuat dan siap untuk dijadikan profile picture pada media sosial atau untuk kebutuhan pekerjaan.
VIRAL :  Cara Kunci Jaringan 4G Di HP VIVO | Sinyal Stabil Cuy

Anda yang masih pemula pasti bisa mengikuti tutorial diatas, karena memang Loopsie didesain dengan UI sederhana dan mudah dipahami. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 1 juta kali dan ukurannya sekitar 49MB.

Cara Membuat Foto 3D dengan Fyuse

Aplikasi ini juga banyak dipakai, karena bisa menghasilkan sebuah foto tiga dimensi yang indah. Cara kerjanya adalah:

  • Pertama, Anda tinggal buka aplikasinya kemudian buka kamera pada aplikasi tersebut.
  • Kedua, ikuti titik-titik merah yang tersedia pada kamera sehingga Anda bisa menghasilkan sebuah objek foto tiga dimensi.
  • Ketiga, lanjutkan dengan proses konversi dan finishing touch foto 3D agar terlihat lebih sempurna.

 

PicsArt

PicsArt
Sumber gambar: kakak pintar

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.picsart.studio

Aplikasi ke-empat yang bisa Anda gunakan untuk membuat foto 3D di android yakni menggunakan aplikasi PicsArt. Aplikasi ini tersedia dalam 2 versi, yakni versi Free dan Pro alias berbayar.

Dengan aplikasi ini Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur 3D yang disediakan di dalamnya. Salah satunya dengan memanfaatkan fitur multiplayer untuk menciptakan berbagai karya foto 3D yang keren. Agar semakin sempurna, Anda bisa menambahkan filter pada foto yang diedit 3D tersebut.

Hampir semua pengguna android pasti sudah tahu aplikasi PicsArt. Wajar, karena aplikasi edit foto berukuran 89MB ini sudah diunduh oleh 500 juta lebih pengguna. Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu dengan kualitas 3D yang diberikan.

Phogy 3D Camera

Phogy 3D Camera
Sumber gambar: apk pure

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.vivoti.phogy&hl=en

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya yang mengharuskan Anda memotret foto terlebih dahulu, dengan aplikasi ini Anda bisa membuat foto 3D secara instan. Install aplikasi Phogy 3D Camera di smartphone android dan gunakan aplikasi tersebut untuk memotret objek 360 derajat.

Siapkan objek yang ingin difoto, baik itu benda atau orang lalu mulailah memotret. Lakukan gerakan 360 derajat dari objek, nantinya secara otomatis aplikasi akan memprosesnya menjadi foto berfotmat 3D. Foto akan bergerak sesuai gerakan Anda saat memotret.

VIRAL :  Cara Mudah Buka Situs yang Diblokir dengan Server DNS

Masih ada satu lagi kelebihan Phogy 3D Camera yang membuatnya begitu menarik, yaitu ukuran yang hanya 9,7 MB saja.

Cara Membuat Foto 3D dengan Aplikasi Photo In Hole

Aplikasi Photo In Hole
Sumber gambar: apk pure

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.photoinhole.editor.frame.camera

Berikutnya ada aplikasi bernama Photo In Hole yang juga berguna untuk mengedit foto berbasis 3D dengan mudah. Pertama Anda foto objek terlebih dahulu menggunakan aplikasi kamera bawaan di android. Kemudian install dulu aplikasi Photo In Hole ini di HP android Anda.

Lalu jalankan aplikasi tersebut dan nantinya bisa mulai mengedit foto yang sudah disiapkan tadi. Pilih template foto 3D yang sudah disediakan di dalam aplikasi dan masukkan foto yang diambil tadi. Secara instan aplikasi akan memproses foto dan menjadikannya berbasis 3D yang keren.

Photo In Hole menjadi aplikasi pembuat gambar 3D oleh lebih dari 1 juta pengguna ponsel android dan berukuran sangat ringan, yaitu hanya 5,2 MB.

3D Effect

3D Effect
Sumber gambar: 3D Effect

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.psd2filter.a3deffect&hl=in

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya, 3D Effect ini juga berfungsi untuk mengedit foto 3D di android yang mudah dan praktis. Aplikasi satu ini juga termasuk aplikasi edit foto 3D gratis yang bisa Anda unduh langsung melalui Google Play Store.

Untuk cara menggunakannya sendiri Anda siapkan dulu foto yang ingin diedit dengan menambahkan efek 3D. Kemudian buka aplikasi 3D Effect dan masukkan foto yang sudah disiapkan tadi. Kemudian tinggal Anda tambahkan efek 3 Dimensi pada foto tersebut melalui fitur yang sudah disediakan di dalam aplikasi.

Berkat kecanggihan fitur-fiturnya, 3D Effect berhasil mendapat rating 4,1 bintang dan diunduh lebih dari 1 juta pengguna. Ia hanya berukuran 7,9MB.

Apa Sebenarnya Fungsi Foto 3D?

Bagi sebagian orang, mungkin foto 2 dimensi atau tiga dimensi hanya terlihat beda dari tampilan saja. Padahal jika ditelaah lebih dalam, foto 3D memiliki sejumlah fungsi penting.

  • Bisnis
VIRAL :  Samsung Galaxy M30s Vs Samsung Galaxy A50s

Dengan memakai foto 3D untuk pengembangan bisnis, akan lebih mudah diterima oleh masyarakat. Apalagi saat mempromosikan produk-produk yang butuh detail maksimal, contohnya produk menu makanan dari bisnis kuliner.

  • Pendidikan

Beda lagi untuk dunia pendidikan, dimana foto ini bisa membantu siswa menjelaskan banyak hal pada sebuah tugas yang diminta oleh guru. Misalnya foto 3D dari hewan, dimana terlihat pergerakannya secara detail dan tajam sehingga bisa dijelaskan banyak hal dari hewan tersebut hanya melalui satu gambar saja.

  • Maksimalkan Desain Grafis

Ketika membuat desain grafis, akan lebih cepat selesai jika Anda sudah punya foto tiga dimensi. Sehingga tidak perlu melakukan banyak revisi foto lagi, sehingga pastinya akan membantu mempercepat proses pembuatan sebuah desain.

Itulah penjelasan penting tentang cara membuat foto 3D di Android menggunakan berbagai aplikasi terbaik. Sudah banyak yang puas dengan hasilnya, bagaimana dengan Anda?