Cara Aman Pakai Headset Agar Tak Merusak Telinga
Sumber gambar: detik

Cara Aman Pakai Headset Agar Tak Merusak Telinga

Jika berbicara mengenai headset, tentu kamu sudah tidak asing dengan alat elektronik berbentuk kabel yang fungsinya untuk mendengarkan musik ini loh. tak ayal. Dewasa ini headset merupakan alat yang paling banyak digunakan para pengguna di era milenial ini. Namun terkadang, kebiasaan memakai headset membuat pendengar para penggunanya terganggu dan bermasalah. bahkan salah satu dampak yang ditimbulkan adalah mulai dari gangguan pendengaran hingga infeksi telinga.

Karena terkadang headset sengaja dipakai agar tidak mendengar suara bising dari luar dengan mengeraskan volume. Saking kencangnya, tak jarang orang di sebelah Anda ikut mendengar suara dari headset yang menutupi telinga. Apapun alasannya, jangan sampai suara yang keluar dari headset itu membuat pendengaran terganggu.

Pastikan volume headset yang Anda pakai tidak lebih dari 40. Dengan kata lain, jangan sampai suara dari headset tersebut membuat Anda tidak bisa mendengar bunyi lain. Perhatikan pula durasi saat mengenakan headset. Sejumlah hasil penelian menyebutkan bahwa durasi pemakaian headset maksimal hanya satu jam dengan volume sekitar 40 persen. Biarkan telinga beristirahat sejenak, minimal 15 menit. Intinya, jangan terus menerus menutupi telinga Anda dengan headset karena memicu berbagai masalah pendengaran.

Selanjutnya, perhatikan pula kondisi headset yang dipakai. Jika suara yang dihasilkan headset bagian telinga kanan dan kiri berbeda, tandanya perangkat itu sudah harus diganti.

 

VIRAL :  Download XRecorder APK, Aplikasi Perekam Layar Terbaik di Android