Lupa Password Laptop? Begini Cara Mengatasinya

Lupa Password Laptop? Begini Cara Mengatasinya

Jika berbicara mengenai pasword, tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan kode kode unik di dalamnya, pasword digunakan untuk masuk ke sebuah perangkat atau akun. salah satu perangkat yang mempunyai pasword adalah laptop, agar perangkat tersebut hanya bisa diakses oleh yang punya.

Namun, tak sedikit pula yang terlalu ketakukan dengan orang lain yang ingin berniat jahat jika membuka perangkat kita, dan salah satu caranya adalah membuat pasword yang sangat rumit. Tapi, kadang pasword yang rumit menjadi malapetaka untuk diri sendiri. karena kerumitan yang sangat berlebihan, anda bisa saja lupa dengan pasword yang sudah dibuat. Maka dari itu inilah cara mengatasi lupa pasword di laptop.

 

Gunakan Safe Mode

Safe Mode
Sumber gambar: digital citizen

Salah satu cara memulihkan password laptop Anda yang terkunci adalah mengaktifkan safe mode. Setelah komputer menyala, tekan F8 ketika booting komputer. Kemudian layar Advanced Boot Options akan muncul. Kemudian Anda pilih “Safe Mode” dan tekan “Enter”. Setelah itu, komputer akan kembali menyala dengan “Safe Mode” dan pilih “Administrator”. Kemudian klik “Start” dan masuk ke “Control Panel”. Klik “User Accounts” dan “Manage Another Accounts”. Kemudian, Anda dapat langsung mengubah kata sandi akun komputer Anda. Setelah memasukkan password baru sebanyak dua kali klik “change password” diakhir. Restart laptop Anda, dan laptop sudah dapat digunakan seperti biasa.

 

Masuk Akun Administrator

Setelah restart komputer, Anda harus kembali masuk ke “Safe Mode” dengan menekan F8 saat windows booting. Kemudian pilihlah “Repair Your Computer”. Setelah tampilan tersebut terbuka, klik “Open Command Prompt”, kemudian ketik “net user administrator /active:yes” (tanpa kutip). Setelah itu akan muncul pesan “the command active successfully”. Kemudian ketik “net user administrator password” pada jendela Command Prompt. Setelah itu Anda dapat mengganti kata sandi sesuka kalian dan tutup jendela Command Prompt Anda kemudian restart kembali laptop Anda.