gerakan melangkah ke depan pada senam irama termasuk gerak dasar

gerakan melangkah ke depan pada senam irama termasuk gerak dasar

jawaban

Jawaban: gerakan melangkahkan kaki ke depan dan kebelakang mengikuti irama termasuk gerak​ dari senam irama atau senam ritmik. alasannya yaitu karena pengertian dari senam irama merupakan gerakan senam yang dilakukan dengan menggunakan irama musik, atau dapat disebut juga latihan bebas yang dilakukan secara berirama.

 

Penjelasan:

Senam irama merupakan gerakan senam yang dilakukan dengan menggunakan irama musik, atau dapat disebut juga latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Senam irama ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tanpa alat. pada dasarnya senam irama juga sering disebut sebagai senami senam ritmik.

1. Prinsip senam irama

Ada tiga prinsip dalam senam irama, yaitu :

  • Irama, Pada dasarnya masalah prinsip irama prinsi, irama bukan hanya soal musik, tetapi juga soal ritme tubuh ketika melakukan gerakan, yakni kapan atlet akan bergerak dengan tempo cepat, sedang dan lambat dengan beragam levelitas tubuh dan jenis mobilitasnya.  Musik dalam hal ini memberikan nuansa menambah semangat, penghayatan serta menjaga  konsentrasi agar tetap tenang dan fokus karena musik dapat meng- harmoniskan gerakan pada senam agar tidak hampa dan lebih menarik.
  • Fleksibilitas Tubuh, fleksibilitas tubuh juga menjadi suatu prinsip  dalam hal ini adalah kemampuan tubuh menciptakan serta melakukan berbagai jenis gerakan.
  • Kontinuitas Gerak, Kontinuitas gerak erat hubungannya dengan rangkaian gerak yang tersusun pada satu koreografi utuh pada senam irama yang dipertandingkan. Apabila rangkaian gerak tersebut berangkat dari konsep yang kuat yang disertai dengan gagasan teatrikal, maka kontinuitas gerak seolah tampak mengalir seperti membawa kisah yang disampaikan melalui tubuh.

2. Jenis Senam Irama

  • Individu, Senam irama yang dilakukan pada kategori ini hanya oleh seorang atlet yang mempertunjukan koreografinya dengan sebuah alat saja atau tanpa alat.
  • Berkelompok, dalam senam irama pada kategori berkelompok para atlet umumnya bisa menggunakan satu jenis alat atau beberapa jenis alat untuk merangkai koreografi.

3. Aliran senam irama  

  • Senam Irama Yang berasal dari Seni Sandiwara, Senam irama atau/ritmik dari aliran seni sandiwara ini mulanya di pelopori oleh Delsarte yang merupakan seorang sutradara pada tahun 1811 sampai 1871, pada awal mulanya beliau berfikir untuk membuat seni sandiwara yang dikaitkan dengan irama yang pada dasarnya sandiwara yang di perankan oleh aktor dan aktris tersebut tidak dibuat buat dan dalam keadaan yang masih wajar saja. Namun hal ini berbeda dengan hasil yang dilihat dimana penerapan tidak berjalan dengan lancar dan cendrung gagal karena sifat dari sandiwara tersebut tidak berjalan sesuai dengan keinginan sang pencetus tersebut. namun pada dasarnya sutrada inilah yang mencetuskan sistem pada senam irama tersebut.
  • Senam Irama Yang berasal dari Seni Musik, Senam irama/ ritmik dari airan seni musik ini mulanya dicetus oleh Jacques Dalcrose yang merupakan seorang guru musik yang bermimpi untuk menyatukan lagu-lagu ataupun musik dalam bentuk gerakan seperti pada senam irama. Dasar dari aliran ini adalah beliau berpendapat untuk lebih mementingkan musik ataupun lagu lagunya tersebut dari pada gerakan senamnya.
  • Senam Irama yang berasa dari Seni tari, senam irama aliran seni tari dimana senam ini yang di cetus oleh Rudolf Van Laban yang menyatakan bahwa senam ritmik yang berasal dari seni tari ini mengutamakan gerak yaitu berupa dari keindahan geraknya serta keserasian yang dalam bentuk gerak secara bercerita.