Cara Mudah Tangkal Unduhan Berbahaya Di Google Chrome

Dewasa ini perkembangan teknologi sangat berkembang dengan pesat, para perusahaan besar dunia terus berlomba membuat inovasi terbaru, salah satunya perusahaan besar asal Amerika Serikat, Google yang terus melakukan pembaharuan agar membuat para penggunanya nyaman.

Dan baru baru ini, fitur terbaru yang dihadirkan Google adalah menambahkan perlindungan drive-by donwload di Chrome. Fitur ini berfungsi agar para pengguna bisa menangkal unduhan yang berbahaya di dalam situs yang Anda kunjungi.

Meskipun, semua drive-by download dianggap berbahaya, karena beberapa URL dimaksudkan untuk memicu unduhan file saat diakses. Namun, ketika unduhan dipicu pada halaman web dari elemen iframe yang disembunyikan dalam kodenya, jadi hampir sebagian besar berbahaya.

Ini biasanya terjadi ketika iframe elemen yang berisi kode berbahaya yang dapat dibaca drive-by download, atau ketika pengguna mengakses situs yang diretas tempat peretas meninggalkan iframe tersembunyi untuk menginfeksi pengguna yang berkunjung Google menambahkan perlindungan perlindungan drive-by download ke semua versi Chrome, kecuali yang dikirimkan untuk iOS, yang tidak didasarkan pada mesin Chromium, tetapi pada WebKit (mesin Safari), di mana jenis perlindungan ini belum didukung.

Oleh karena ini adalah fitur keamanan yang cukup berguna, browser lain yang berbasis Chromium seperti Opera, Vivaldi, Brave, dan segera Microsoft Edge juga dilengkapi fitur fitur ini. Dalam jangka panjang, fitur ini diharapkan dapat menggagalkan beberapa kampanye malvertising, kelompok kriminal yang menyembunyikan kode jahat di dalam iklan untuk menjatuhkan file yang disamarkan dengan malware di komputer pengguna.

Tinggalkan komentar