Cara Copy Teks dari Gambar di Android, Ternyata Cuma Begini!

Cara Copy Teks dari Gambar di Android, Ternyata Cuma Begini!

Terkadang kita menemukan gambar yang berisi teks di dalamnya, dan teks tersebut ingin disalin ke Word atau di mana pun. JIka bagi sebagian orang susah, sebenarnya sangat mudah untuk meng-copy teks yang ada di sebuah gambar. Anda tidak butuh alat canggih untuk melakukannya. Lantas, bagaimana cara copy teks dari gambar di android tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Copy Teks dari Gambar di Android

Untuk menyalin teks yang ada di foto atau gambar, setidaknya ada 2 metode yang bisa Anda lakukan. Kedua metode tersebut yakni menggunakan aplikasi pihak ketiga dan tanpa aplikasi tambahan. Adapun cara copy teks dari gambar di android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menyalin Teks dari Gambar Lewat Google Photos

Menyalin Teks dari Gambar Lewat Google Photos
Sumber gambar: morius.com

Cara yang pertama ini bisa dipilih jika Anda tidak suka menginstall aplikasi tambahan di smartphone android. Pasalnya, Google Photos merupakan aplikasi bawaan di HP android sehingga Anda tidak perlu menginstallnya secara manual.

Di Google Photos ini sendiri sudah disediakan fitur khusus yang memungkinkan Anda untuk mengambil teks yang ada di dalamnya tanpa perlu capek-capek mengetik. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda buka Google Photos yang ada di HP android.
  • Pastikan Anda sudah menyinkronisasi Google Photos dengan memori di HP agar semua foto yang ada di sana bisa diakses di Google Photos tersebut.
  • Sekarang Anda cari foto yang terdapat teks dan ingin di-copy teksnya tersebut.
  • Kalau sudah, selanjutnya Anda klik menu Lens atau ikon seperti bingkai yang terdapat titik di tengahnya. Menu Lens ini ada di bagian bawah tampilan foto yang dipreview.
  • Secara otomatis teks akan terdeteksi oleh Google Photos. Anda pilih teks yang ingin dicopy dengan cara menekan agar lama hingga muncul tombol seleksi teks.
  • Atur bagian teks mana saja yang ingin disalin, kemudian klik tombol Salin Teks atau Copy Text.
  • Sekarang Anda buka halaman untuk Paste teks tersebut, baik itu kolom chat, Microsoft Office Word, Notepad atau yang lainnya.
VIRAL :  Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root 2021

2. Cara Copy Teks dari Gambar dengan Aplikasi Pemindai Teks (OCR)

Aplikasi Pemindai Teks (OCR)
Sumber gambar: apk pure

Jika cara di atas dianggap kurang efektif, maka Anda bisa coba alternatif kedua ini. Anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan scanning foto dan menyalin teks yang ada di dalamnya. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan bernama Pemindai Teks (OCR).

Adapun langkah-langkah copy teks dari foto di android dengan aplikasi Pemindai Teks (OCR) selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda download dan install aplikasi Pemindai Teks (OCR) di HP android. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.peace.TextScanner
  • Jika sudah, sekarang Anda buka aplikasi tersbut.
  • Akan muncul kamera yang bisa Anda gunakan untuk scan teks dari kertas atau gambar yang sudah diprint. Atau bisa juga melakukan scan teks dari gambar yang sudah di Galeri.
  • Jika sudah, teks akan langsung ditampilkan di jendela baru.
  • Untuk menyalin teks, Anda tekan agak lama sampai muncul opsi seleksi teks. Atur bagian teks mana saja yang ingin disalin, kemudian klik tombol Salin atau Copy.

Itulah tadi dua cara copy teks dari gambar di android yang mudah dan efektif bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat. Dengan trik diatas, Anda sekarang bisa menyalin informasi-informasi penting dalam bentuk foto tanpa repot. Seperti deskripsi produk, qoutes-qoutes di Instagram, postingan blog bergambar dan lain sebagainya.