Cara Crop Video di Android dengan Kinemaster dan Tanpa Aplikasi 2021
Sumber gambar: caramia

Cara Crop Video di Android dengan Kinemaster dan Tanpa Aplikasi 2021

wAda banyak hal yang bisa dilakukan dalam mengedit video di HP android, misalnya saja memangkas video atau menjadikannya beberapa potongan video. Cara ini bahkan bisa dilakukan dengan mudah oleh pemula sekali pun. Informasi selengkapnya mengenai cara crop video di android yang mudah bisa Anda simak di bawah ini.

Sehingga, untuk menjadi content creator tidak perlu menunggu memiliki PC atau laptop terlebih dahulu. Anda bisa membuat video kompilasi misalnya hanya bermodal ponsel android. Memotong video dan menggabungkannya dengan video lain bisa menjadi ide content yang bagus. Terlebih lagi langkah-langkahnya tidak sulit.

Cara Crop Video di Android Terbaru 2021

Untuk memotong video di android, setidaknya ada 2 metode yang bisa Anda terapkan. Kedua metode tersebut yakni crop video menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi tambahan. Adapun cara crop video di android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Memotong Video di HP Tanpa Aplikasi

Pertama akan dibahas cara untuk memangkas video, baik bagian awal maupun akhir video tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Anda hanya perlu memanfaatkan fitur crop video yang disediakan di smartphone android. Hampir semua tipe HP sudah dibekali dengan fitur ini, mulai dari HP Samsung, Xiaomi, OPPO, VIVO, Asus, Huawei dan lain sebagainya.

Namun, pada artikel ini akan dijelaskan cara crop video di HP Samsung tanpa aplikasi tambahan. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda buka menu Galeri di HP.
  • Kemudian cari video yang ingin dicrop atau dipangkas bagian awal maupun akhir video.
  • Klik pada video tersebut untuk mulai mengedit.
  • Kemudian Anda klik ikon Pensil yang ada di bagian bawah video.
  • Untuk mulai memangkas atau crop video, tinggal Anda sliding atau geser bagian awal atau akhir video ke arah tengah. Tentukan sampai di mana Anda ingin memotong bagian video tersebut.
  • Jika dirasa sudah pas, selanjutnya Anda klik tombol Simpan.
  • Secara otomatis video yang dipotong tersebut sudah tersimpan di Galeri. Tidak perlu khawatir file asli hilang, pasalnya file asli video akan tetap ada di Galeri.

Cara di atas bisa Anda terapkan di HP Samsung, khususnya Samsung dengan OS Android 10. Untuk merek HP lain kemungkinan tidak jauh berbeda, fitur crop bisa langsung diakses di menu Galeri.

2. Cara Crop Video di Kinemaster HP Android

Cara Crop Video di Kinemaster HP Android
Sumber gambar: youtube

Untuk cara yang kedua ini Anda diharuskan untuk menginstall aplikasi pihak ketiga. Ada banyak jenis aplikasi cropping video di android yang bisa digunakan. Salah satunya yang paling direkomendasikan yakni KineMaster. Aplikasi ini menyediakan dua mode bagi penggunanya, yakni mode Free dan Premium.

Untuk melakukan cropping video di HP android menggunakan KineMaster selengkapnya, yakni:

  • Pertama Anda download dan install KineMaster di HP android. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.nexstreaming.app.kinemasterfree&hl=en
  • Kemudian Anda buat akun KineMaster terlebih dahulu. Anda bisa memilih untuk membuat akun Free atau Premium dengan membayar langganan.
  • Pada halaman utama aplikasi, Anda buat lembar kerja baru dan pilih video yang ingin dicrop.
  • Untuk memotong video, Anda pilih fitur Crop lalu atur bagian video yang ingin dicrop sesuai detiknya.
  • Jika sudah, langsung Anda simpan dengan cara klik tombol Ekspor.
  • Tentukan format video dan langsung Ekspor.

Itulah tadi dua cara crop video di android dengan dan tanpa aplikasi tambahan yang bisa coba Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil.