Terkuak! Ular Raksasa Panjang 15 Meter Hidup Disini

Jika berbicara mengenai ular, tentu saja banyak yang takut dengan hewan berbahaya ini, karena ular memiliki bisa yang akan membuat orang yang terkena menjadi kesakitan bahkan sampai meninggal dunia, namun tahukah kamu, ular apa paling besar yang pernah ada di bumi.

Ya. Titanoboa adalah ular Raksasa yang dianggap paling besar yang pernah ada di dunia, karena ular ini memiliki panjang 15 meter dan beratnya sampai setengah ton yang hidup 60 juta tahun silam. Titanoboa ini merupakan nenek moyang dari ular boa pembelit modernmodern, sebuah kelompok ular yang mencakup ular piton dan anakonda.

Sebagai ular pembelit , Titanoboa tidak membunuh menggunakan taring atau racun. Ular raksasa itu menghancurkan mangsanya sampai mati menggunakan tubuhnya yang besar dan otot yang sangat kuat. Saat ini, sebuah replika ular yang amat realistis akan mengunjungi 15 kota di AS sebagai bagian dari pameran yang diselenggarakan oleh Smithsonian Institution . Replika tersebut menggunakan tulang belakang yang terbuat dari cetakan fosil aslinya , yang ditemukan di tambang batubara Kolombia pada 2002.

 

Beberapa tahun selanjutnya, penyelidikan lebih lanjut tentang tambang tersebut telah menunjukkan banyak fosil yang membuat para ilmuwan yakin tentang keberadaan hutan hujan pertama di Bumi sbagaimana dilansir dari International Business Times. Sejauh ini, terdapat sejumlah penemuan, termasuk kura- kura dan buaya raksasa , serta tanaman kacang dan pisang paling kuno. Namun, tidak ada yang menyamai penemuan fosil vertebrata yang spektakuler dari spesies ular yang sebelumnya tidak diketahui.

Titanoboa adalah salah satu hewan darat terbesar pada masanya, dalam periode ketika banyaknya megafauna (hewan raksasa ). Para ilmuwan berpikirberpikir, ular tersebut menyantap buaya- buaya yang membuatnya tidak perlu makan lagi sepanjang tahun, walaupun mungkin mereka juga memakan ikan besar . Ular titanoboa ini kabarnya tinggal dan terus menyusuri hutan hujan tropis di Bumi.