Cara Downgrade Android Tanpa Aplikasi yang Anti Ribet
Sumber gambar: tribun

Cara Downgrade Android Tanpa Aplikasi yang Anti Ribet

Berbicara mengenai OS Android untuk smartphone, terkadang kita ingin merasakan kecanggihan OS Androd versi terbaru dengan cara meningkatkan versinya. Misalnya semula HP mengadopsi Android 8.0 Oreo, kemudian diupgrade ke OS Android 10. Memang banyak keuntungan yang didapat, namun terkadang juga ada banyak masalah yang dialami di HP android. Kalau sudah begini, cara downgrade android perlu Anda pahami.

Android merupakan sistem operasi open source yang berbasis Linux, di mana OS ini dirancang khusus untuk perangkat layar sentuh. Umumnya OS Android ini diadopsi ke dalam perangkat smartphone atau ponsel pintar. Bersifat open source, berarti siapa saja boleh mengembangkan atau mendistribusikannya ulang tanpa harus membayar lisensi.

Tanpa panjang lebar, langsung disimak pembahasan lengkapnya berikut.

Cara Downgrade Android Tanpa Aplikasi yang Mudah

Cara Downgrade Android Tanpa Aplikasi
Sumber gambar: bacolah

Sangat mudah untuk melakukan downgrade OS Android di smartphone, bahkan Anda tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Adapun langkah-langkah untuk downgrade android tanpa aplikasi tambahan selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama Anda hidupkan HP android yang ingin didowngrade.
  2. Kemudian masuk ke menu Settings atau Pengaturan.
  3. Selanjutnya masuk ke opsi System.
  4. Scroll ke bawah, lalu klik pada opsi Reset.
  5. Lanjutkan proses reset dengan klik opsi Reset Phone atau Reset Factory.
  6. Tunggu sampai proses reset selesai.
  7. Sekarang smartphone Anda sudah kembali didowngrade ke OS Android bawaan. Misalnya sebelumnya menggunakan OS Android 9.0 Pie dan diupgrade ke OS Android 10, maka setelah reset smartphone akan kembali ke OS Android 9.0 Pie seperti semula.

Cara ini terbilang sangat mudah, Anda bahkan tidak perlu menggunakan PC atau laptop untuk melakukannya.

Alternatif Lain untuk Menurunkan OS Android

downgrade OS Android
Sumber gambar: droila

Selain cara di atas, ada trik lain untuk melakukan downgrade OS Android. Namun, untuk cara ini Anda perlu menggunakan bantuan perangkat PC atau laptop. Untuk langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama Anda aktifkan dulu USB Debugging di HP Android. Caranya masuk ke menu Settings >> About Phone >> klik 5-7 kali pada Build Number >> kembali lagi ke Settings >> Developer Option >> Aktifkan USB Debugging.
  2. Sekarang matikan HP android, kemudian hidupkan lagi dengan masuk ke Mode Recovery. Caranya hidupkan HP dengan menekan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan  selama beberapa detik sampai muncul tampilan di layar.
  3. Setelah masuk ke recovery mode, sekarang sambungkan HP ke PC atau laptop menggunakan kabel USB Original.
  4. Pastikan HP sudah terdeteksi di laptop. Sekarang jalankan CMD di laptop dengan cara ketik “cmd” di kolom pencarian Windows, klik kanan lalu pilih Run as Administrator.
  5. Pada jendela CMD Anda ketik perintah “fast bootdevice”. Jika muncul nomor seri HP, berarti HP sudah terhubung ke PC.
  6. Sekarang Anda siapkan Factory Image dan ekstrak agar berbentuk folder biasa. Kemudian pindahkan file tersebut ke folder instalasi Android SDK.
  7. Selanjutnya klik 2 kali pada file bernama flash-all, maka di layar akan tampil jendela baru untuk melanjutkan proses downgrade. Konfirmasi proses flashing downgrade dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  8. Sekarang Anda sudah berhasil melakukan downgrade pada smartphone android.
VIRAL :  5 Aplikasi Keren Android yang Banyak Pengguna Belum Tahu

Itulah tadi dua cara downgrade android tanpa aplikasi dan dengan bantuan PC atau laptop yang bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Supaya Anda tidak repot-repot downgrade, sebaiknya pertimbangkan secara matang sebelum upgrade OS android. Ketahui semua konsekuensinya, sekaligus apakah spek hp mampu beradaptasi dengan OS baru atau tidak.

Kata Kunci : cara kembali ke android 10 gampang -