apa pesan presiden menurut berita tersebut

apa pesan presiden menurut berita tersebut

pertanyaan berikut ini!
2. Mengapa gotong royong diperlukan untuk
menanggulangi kebakaran hutan?
3. Apa yang harus dilakukan masyarakat untuk
mengurangi kebakaran hutan? Selain dengan
gotong royong.
4. Tuliskan pengalamanmu dalam bergotong
royong!โ€‹

jawaban

Pertanyaan mengenai kebakaran hutan dan gotong royong tersebut di atas berkaitan dengan materi di dalam buku Tematik kelas 3 SD tepatnya pada tema 3 Benda di Sekitarku SubTema 2 tentang Wujud Benda. Jawaban untuk masing-masing soal di atas ada pada bagian pembahasan berikut ini.

ยป Pembahasan

Berikut jawaban soal-soal tersebut di atas:

  • (1) Pesan Presiden Jokowi menurut berita tersebut adalah agar masyarakat bergotong royong dalam menanggulangi kebakaran hutan sehingga akibat buruknya bisa dikurangi.
  • (2) Alasan mengapa gotong royong diperlukan dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan adalah karena dengan bergotong royong bersama-sama maka kebakaran hutan akan jauh lebih mudah diatasi sehingga kerugian atau dampak buruknya bisa diperkecil. Jika hanya pemerintah yang berperan aktif menanggulangi maka sudah tentu sulit.
  • (3) Yang harus dilakukan masyarakat untuk mengurangi kebakaran hutan adalah meningkatkan kesadaran penuh dalam menjaga lingkungan hutan dan menghindari tindakan-tindakan pemicu seperti membakar semak-semak yang bisa berujung pada kebakaran besar.
  • (4) Pengalaman saya dalam bergotong royong ada banyak seperti ketika menjalankan tugas piket kebersihan kelas bersama siswa lain yang bertugas. Dengan gotong royong maka pekerjaan selesai lebih cepat dan juga terasa ringan. Pengalaman gotong royong saya lainnya adalah ketika melakukan kerja bakti di rumah bersama ayah ibu dan saudara. Juga ketika ikut kerja bakti jelang hari kemerdekaan di kompleks tempat tinggalku.