Cara Buat TV Tuner Android Sendiri Untuk Pemula
Sumber gambar: Shopee

Cara Buat TV Tuner Android Sendiri Untuk Pemula

Menonton TV mungkin sudah mulai ditinggalkan sekarang, karena banyak orang yang lebih memilih tontonan di Youtube. Meski demikian, bukan berarti semua orang enggan menonton TV. Nyatanya masih banyak kalangan yang memilih tontonan Televisi untuk mengisi waktu senggangnya. Seiring perkembangan zaman, cara buat TV tuner android sendiri mulai dicari-cari oleh masyarakat.

Ini merupakan solusi bagi permasalahan antena TV di rumah yang rusak. Dengan TV tunner, sekarang Anda tidak perlu antena baru agar bisa menonton lagi. TV tuner yang dibuat nantinya akan menayangkan saluran TV layaknya TV Tuner android instan yang dijual di pasaran.

Lantas, bagaimana cara buat TV Tuner android sendiri tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Buat TV Tuner Android Sendiri

Cara Buat TV Tuner Android Sendiri Untuk Pemula
Sumber gambar: toko komputer

Membuat TV Tuner mengharuskan Anda menyiapkan beberapa alat dan bahannya terlebih dahulu. Tidak banyak dan juga mudah didapat, berikut ini beberapa alat dan bahan yang perlu Anda persiapkan.

  • Kayu berbentuk persegi ukuran 40 x 10 cm atau bisa disesuaikan sendiri.
  • IMT (Impedance Matching Transformer).
  • Kawat kuningan.
  • Plester
  • Tambahan (Triplek dan Aluminium Foil).

Setelah beberapa bahan dan alat di atas sudah dipersiapkan, sekarang lanjut untuk merangkai TV Tuner Digital. Untuk langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama Anda beri lubang sekrup pada balok kayu yang sudah disiapkan tadi. Buat lubang sebanyak 10 lubang dengan 2 lubang saling berhadapan.
  2. Selanjutnya buat kawat kuningan berbentuk V sebanyak 8 buah.
  3. Pasangkan 8 kawat V tadi pada masing-masing lubang yang sudah disiapkan, kemudian gunakan sekrup untuk penguncinya. Biarkan 2 lubang sekrup yang ada di bagian tengah untuk tempat penghubung kabelnya nanti.
  4. Jika sudah dipasang, selanjutnya Anda gunakan kawat kuningan untuk menghubungkan masing-masing kawat V yang dipasang dengan sekrup tadi. Jika bingung untuk mengubungkannya Anda bisa lihat pada gambar di atas.
  5. Sekarang siapkan IMT atau yang dikenal juga dengan nama Balun 300/75 ohm. Pasangkan IMT tersebut di bagian tengah, tepatnya kedua kabel IMT tersebut dihubungkan di 2 lubang di bagian tengah yang disiapkan tadi. Kencangkan kabel IMT dengan sekrup yang sama seperti digunakan untuk mengencangkan kawat kuningan V tadi.
  6. Selanjutnya kabel Coaxial dari IMT tadi bisa Anda langsung hubungkan ke TV Digital.
  7. Kalau sudah, hidupkan TV Digital dan temukan pemancar stasuin TV digital. Pastikan Anda sudah meletakkan TV Tuner yang dibuat tadi di tempat yang agak tinggi agar lebih mudah menangkap sinyal dari stasiun TV.
  8. Agar lebih maksimal, Anda bisa membuat refelctor pada antena atau TV Tuner tadi. Caranya dengan lapisi triplek dengan dengan aluminium foil di salah satu sisinya, kemudian taruh di bagian belakang TV tuner atau antena tadi.
VIRAL :  Harga Asus ROG Phone 2 Terbaru 2021 dan Speknya

Untuk menemukan pemancar dari stasiun TV digital, Anda bisa mecoba mengatur posisi antena dihadapkan ke arah mana. Selain itu, Anda juga perlu memastikan kualitas kabel coaxial yang digunakan. Pastikan kabel tersebut dalam keadaan baik dan tidak ada cacat di beberapa bagiannya.

Itulah tadi cara buat TV tuner android sendiri yang mudah dan tidak butuh biaya yang mahal untuk pembuatannya. Semoga informasi di atas bermanfaat. Apabila penjelasan diatas masih kurang jelas, silahkan Anda mencari informasi serupa di YouTube.

Penjelasan dalam format video tentu lebih memudahkan Anda untuk mempraktekkannya. Ada banyak channel yang mengulas langkah-langkah membuat TV tunner sendiri. Selamat mencoba dan mudah-mudahan berhasil.

Kata Kunci : Cara buat TV Tuner Android sendiri - bikin tv tuner sendiri - cara membuat tv tuner - antena tv tuner hp android - bikin TV Tuner digital - cara membuat antena tv tuner android - memasang tv tuner di hp - membuat tuner tv android sendiri - membuat tv tuner - membuat tv tuner dengan bahan sederhana - membuat tv tuner sendiri -