Teknologi AI Selesaikan Rubik dalam Waktu 1,2 Detik Saja

Jika berbicara mengenai rubik, tentu saja sudah tidak asing dengan game yang mengolah pikiran dan kesabaran ini. tak jarang banyak orang yang sangat kesulitan saat memainkan game ini. bahkan mereka bisa membutuhkan waktu yang lama agar rubik tersusun dengan benar.

Namun, kai ini anda tidak perlu berpusing ria lagi, karena sudah ada teknologi canggih yang dapat membantu kamu menyusun rubik dengan kecepatan kilat. teknologi tersebut bernama artificial intelligence (AI) atau teknologi kecerdasan buatan yang bisa menyelesaikan rubik hanya dengan 1,2 Detik Saja.

Dilansir laman tech spot, peneliti yang berhasil merancang robot AI yang dapat memecahkan rubik lebih cepat dari manusia, bahkan dengan waktu 1,2 detik saja. Hal tersebut diketahui dalam makalah penelitian baru yang menggambarkan “DeepCubeA”, yang merupakan peningkatan sistem kecerdasan buatan (AI) untuk menyelesaikan rubik.

Para peneliti di balik DeepCubeA, melalui banyak latihan dan pelatihan, berhasil mengajarkan AI mereka untuk memecahkan Cube hanya dalam waktu 1,2 detik. yang menariknya, DeepCubeA selesai hanya dalam 28 langkah setelah diberi sekitar 10 miliar kombinasi puzzle yang berbeda. Di situlah perbedaan utama terletak antara mesin Katz dan DeepCubeA, yang pertama melakukan gerakan sebanyak yang dibutuhkan, tetapi ia melakukannya dengan cepat. ini menggunakan pembelajaran nyata dan pengalaman untuk meningkatkan kecepatannya, yang mengurangi waktu penyelesaian teka-teki dan jumlah gerakan yang diperlukan untuk penyelesaian.