10 Cara Melindungi Privasi Data Anda di Smartphone

Smartphone adalah suatu benda yang wajib untuk dimiliki setiap orang untuk saat ini, terutama kaum milenial yang aktivitas sehari-hari nya tidak lepas dari barang elektronik tersebut. banyak aktivitas bermanfaat yang terdapat dalam ponsel pintar ini. Salah satu aktivitas yang sangat penting dan dilakukan di dalam ponsel adalah bertransaksi, karena banyak aplikasi seperti e-commerce sampai penjualan tiket dan tentu saja di dalam aplikasi tersebut terdapat uang digitak yang dimiliki pengguna.

Tak jarang, smartphone menjadi sasaran kejahatan yang menjadi ancaman bahaya jika ponsel kita ada ditangan orang jahat, karena data yang ada di dalamnya sangatlah penting.

 

Untuk itu, inilah 10 Cara Melindungi Privasi Data Anda di Smartphone

 

Gunakan Kode Sandi

Menurut survei Consumer Reports, 64% dari pengguna smartphone tidak menggunakan kode sandi kami. Dengan tidak menggunakan kata sandi, Anda pada dasarnya menyerahkan semua informasi pribadi Anda kepada siapa saja yang mengakses ponsel Anda.

Ketika Anda mengatur kode sandi Anda, gunakan langkah-langkah keamanan yang sama Anda lakukan pada perangkat lain, seperti tidak menggunakan ulang tahun Anda atau nomor jaminan sosial untuk kode sandi Anda. Jangan pernah membagikan kode sandi Anda dengan siapa pun. Kemudian, Jangan menggunakan kembali kata sandi dari situs atau perangkat

 

Selektif dengan Aplikasi yang Anda Gunakan

Banyak aplikasi baru di Google Play Store atau App Store yang tampak menarik. Akan tetapi dengan begitu banyak penyedia pihak ketiga yang tidak dikenal di luar sana, mungkin sulit untuk mengetahui seberapa pribadi dan amannya aplikasi. Untuk alasan itu, sebaiknya coba belilah aplikasi melalui toko aplikasi tepercaya seperti iTunes, Android Market atau Amazon. Kemudian cobalah untuk memeriksa ulasan atau komentar secara menyeluruh sebelum mengunduh aplikasi apa pun dan memasukkan informasi pribadi Anda. Berhati-hatilah dengan aplikasi keuangan, yang terbaik tidak mengharuskan Anda untuk berulang kali memasukkan informasi akun untuk mengakses akun Anda.

 

Jangan Klik Tautan Mencurigakan

Cobalah unruk lebih hati-hati meng-klik tautan, terutama jika mereka meminta Anda memasukkan informasi pribadi. Sebagian besar bank memiliki halaman yang menjelaskan apa yang akan dan tidak akan mereka minta. Lakukan riset sebelum mengungkapkan detail akun pribadi Anda.

 

Aktifkan Penghapusan Jarak Jauh

Jika ponsel Anda hilang atau dicuri, alangkah baiknya menghapus data penting Anda dari jauh. Anda dapat melakukan ini melalui penghapusan jarak jauh, dan itu relatif mudah dilakukan pada sebagian besar perangkat. IPhone, misalnya, hanya mengharuskan Anda untuk mengaktifkan “Find My Phone” di perangkat dan mendaftar akun iCloud, yang akan menjadi pusat perintah Anda ketika tiba saatnya untuk menghapus data.

 

Tetap Perbarui Perangkat Lunak

Pembaruan perangkat lunak seringkali memperbaiki keamanan dan privasi yang ditemukan pengguna saat mereka menguji perangkat lunak di dunia nyata. Menjaga perangkat lunak Anda tetap baru akan berarti Anda akan memiliki solusi yang sangat terbaru.

 

Gunakan Aplikasi Keamanan

Baik Spyware dan Malware menjadi masalah yang semakin berat bagi pengguna ponsel. Mereka melacak keberadaan Anda, mengirimkan informasi pribadi Anda, dan memperlambat ponsel Anda. Mungkin sulit untuk menghindari pengunduhan ini, dan pengguna sering tidak tahu bahwa mereka sedang berjalan. Untuk mengatasi hal ini, instal perangkat lunak keamanan, seperti yang mungkin Anda miliki di komputer, untuk melindungi privasi Anda dari kerusakan yang tidak diketahui. Pastikan Anda memperbarui perangkat lunak ini…

 

 Jauhi Jaringan Wi-Fi Terbuka

Karena smartphone sekarang bertindak seperti mini-PC, hindari jaringan Wi-Fi terbuka yang tidak dikenal. Saat Anda mengetik, hotspot berbahaya dapat mengirimkan informasi kartu kredit dan kata sandi Anda tanpa Anda menyadarinya

 

Tulis IMEI Anda

Setiap ponsel memiliki nomor seri lima belas digit yang disebut IMEI (International Mobile Equipment Identity), yang dapat berguna jika ponsel Anda hilang atau dicuri. Anda akan menemukannya di belakang baterai ponsel Anda atau di dalam pengaturan.

Tinggalkan komentar