Google Play Store yang Tidak Berfungsi? Begini Cara Mengatasinya
Sumber gambar: liputan 6

Google Play Store yang Tidak Berfungsi? Begini Cara Mengatasinya

Saat ini masyarakat sangat terbantu dengan perkembangan teknologi yang memudahkan aktivitas menjadi lebih efisien. Smartphone menjadi alat yang digunakan untuk mengakses berbagai hal. karena di dalam ponsel tersebut kita bebas mendownload sebuah aplikasi yang diperlukan.

Untuk pengguna smartphone android, aplikasi yang digunakan untuk mendownload aplikasi resmi adalah Google Play Store, para pengguna bisa bebas mendownload aplikasi di dalamnya, terdapat banyak sekali aplikasi gratis dan ada juga yang berbayar. Namun, permasalahan sering muncul ketika tiba tiba Google Play Store tidak berfungsi atau error. untuk itu inilah cara mengatasi Google Play yang error atau bermasalah

 

Periksa koneksi internet Anda

Ini mungkin terlihat terlalu sederhana atau mudah, tetapi memeriksa koneksi Internet Anda dapat menyelesaikan masalah yang Anda alami. Coba beralih dari Wi-Fi ke data seluler, atau sebaliknya, dan lihat apakah masalahnya tetap ada. Anda juga harus mencoba mengalihkan telepon ke “mode pesawat” dan kembali lagi. Akhirnya, Anda dapat mengatur ulang untuk memastikan Anda memiliki koneksi yang baik.

 

Periksa aplikasi Google

Jika Play Store tiba-tiba mati, tutup paksa dengan mengusapnya atau buka Pengaturan> Aplikasi> Semua pilih Google Play Store dan tekan “Force stop”. Kemudian, Anda juga harus memastikan bahwa Google Play sudah ter-update dan bersih. Ini termasuk memastikan Anda menginstal Google Play versi terbaru. Jika Anda masih memiliki masalah, Anda perlu melakukan pembenahan. Ini berarti membersihkan cache Google Play Store dan jika ini tidak menyelesaikan masalah, melangkah lebih jauh dan menghapus data Play Store Anda.

 

Instal versi terbaru Google Play

Terkadang pembaruan Google Play tersedia tetapi tidak akan secara otomatis mengunduh hingga beberapa hari setelah dirilis. Jika Anda mendapatkan APK, Anda dapat memiliki versi terbaru segera.

 

Bersihkan cache Google Play Store

Dalam beberapa kasus, Anda bisa menjalankan Play Store lagi hanya dengan mengosongkan cache. Cache adalah area penyimpanan yang menyimpan sementara data sehingga dapat dengan cepat diambil tanpa perlu dimuat ulang. Ini bisa menyelesaikan masalah Anda dan mengosongkannya dengan mudah

Pertama masuk Pengaturan dari layar awal ponsel cerdas Anda. Maka Anda harus pergi ke dalam Apps atau Manajer aplikasi, itu tergantung pada perangkat Anda. Dari sana Anda harus dapat menggulir ke bawah dan menekan Clear cache atau Anda mungkin harus masuk ke Storage kemudian Hapus cache. Setelah ini selesai, kembali ke Google Play Store Anda dan lihat apakah masalah Anda telah terpecahkan.

 

Periksa aplikasi pihak ketiga

Langkah-langkah di atas harus mengonfirmasi apakah masalahnya terletak pada sistem Google Play itu sendiri, tetapi kadang-kadang masalahnya dapat berasal dari aplikasi lain yang terkait, yang dapat mengganggu Play Store. Pertama, periksa aplikasi yang dinonaktifkan, dan pastikan Anda mengaktifkan Download Manager. Anda juga harus menonaktifkan VPN jika ada.

Banyak aplikasi membutuhkan aplikasi lain agar berfungsi dengan baik. Ini terutama benar ketika Anda berhadapan dengan aplikasi sistem seperti Google Play Store. Jika Anda baru-baru ini menonaktifkan aplikasi yang bisa menjadi masalah Anda. Untungnya, ini mudah diperbaiki. Buka Pengaturan dan Manajer aplikasi atau Aplikasi Anda dan gulir ke bawah. Di sinilah akhirnya aplikasi yang dinonaktifkan. Jika Anda melihat layanan yang dinonaktifkan, buka saja layanan ini dan tekan Aktifkan dan lihat apakah itu membantu.