Terkuak! Ini Alasan Sinyal Ponsel Hilang saat Listrik Padam
Sumber gambar: line today

Terkuak! Ini Alasan Sinyal Ponsel Hilang saat Listrik Padam

Smartphone adalah suatu benda yang wajib untuk dimiliki setiap orang untuk saat ini, terutama kaum milenial yang aktivitas sehari-hari nya tidak lepas dari barang elektronik tersebut. banyak aktivitas bermanfaat yang terdapat dalam ponsel pintar tersebut.

Salah satunya adalah untuk mengakses internet atau bahkan untuk menggunakan aplikasi semacam whatsapp dan game online seperti mobile legends dan PUBG mobile. namun satu masalah yang terjadi adalah ketika sinyal tiba tiba hilang. Salah satu penyebab sinyal hilang secara misterius adalah ketika listrik padam, banyak sekali pengguna yang mengeluhkan hal tersebut tak terkecuali mimin yang sering mengalami hilangnya sinyal saat sedang asik main game online.

Pengamat Telekomunikasi dan Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi akhirnya turun tangan, menurutnya sinyal hilang sast listrik padam karena terganggunya Base Tranceiver Station (BTS) milik operator. sumber utama BTS sendiri adalah listrik dari PLN. BTS merupakan infrastruktur telekomunikasi yang digunakan sebagai pemancar dan penerima jaringan seluler pada suatu cakupan wilayah. Nantinya, BTS mengkonversi sinyal-sinyal yang dipancarkan dan diterima menjadi sinyal digital untuk selanjutnya dikirim ke terminal lainnya untuk proses sirkulasi pesan atau data.

Pasokan utama base tranceiver station (BTS) itu adalah listrik PLN untuk menyalakan seluruh sistem di BTS,” kata Heru. Meskipun demikian, Heru juga langsung menambahkan jika BTS memiliki cadangan listri dari genset maupun baterai. Akan tetapi, lenjut dia cadangan tidak bertahan lama. “Namun, genset membutuhkan tenaga surya dan daya baterai hanya sekitar 2-3 jaman saja,” kata Heru.

Heru juga menjelaskan jika beberapa BTS bahkan tidak memiliki cadangan genset dan baterai, karena memiliki anggapan bahwa listrik PLN tidak akan pernah padam. “Banyak sumber sinyal atau BTS bermasalah saat listrik padam. Yang tidak ada cadangan, listrik PLN padam ya BTS mati. Kalau ada genset, BTS bertahan sampai solar habis. Dan jika ada baterai, BTS bertahan sampai energi baterai habis,” kata dia.