Perbedaan utama antara kronologi dan kronik adalah?

Perbedaan utama antara kronologi dan kronik adalah?

  1. Kronologi menunjukkan urutan waktu, sedangkan kronik menunjukkan catatan peritiwa
  2. Kronologi hanya melihat peristiwa politik saja, sedangkan kronik melihat peristiwa sosial-ekonomi
  3. Kronologi menunjukkan urutan peristiwa yang saling berhubungan, sedangkan kronik hanya sekedar menunjukkan catatan peristiwa-peristiwa tanpa jelas hubungannya
  4. Kronologi adalah pembagian zaman, pengelompokkan peristiwa sejarah berdasarkan ciri khasnya, sedangkan kronik adalah urutan peristiwa sejarah sesuai waktu terjadinya
  5. Kronologi bertujuan membagi peristiwa sejarah dalam beberapa bidang kajian, sedangkan kronik adalah urutan dinasi-dinasti pemerintahan di Tiongkok

Jawaban yang benar adalah: C. Kronologi menunjukkan urutan peristiwa yang saling berhubungan, sedangkan kronik hanya sekedar menunjukkan catatan peristiwa-peristiwa tanpa jelas hubungannya.

Dilansir dari Ensiklopedia, perbedaan utama antara kronologi dan kronik adalah Kronologi menunjukkan urutan peristiwa yang saling berhubungan, sedangkan kronik hanya sekedar menunjukkan catatan peristiwa-peristiwa tanpa jelas hubungannya.

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. Kronologi menunjukkan urutan waktu, sedangkan kronik menunjukkan catatan peritiwa adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. Kronologi hanya melihat peristiwa politik saja, sedangkan kronik melihat peristiwa sosial-ekonomi adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban C. Kronologi menunjukkan urutan peristiwa yang saling berhubungan, sedangkan kronik hanya sekedar menunjukkan catatan peristiwa-peristiwa tanpa jelas hubungannya adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Menurut saya jawaban D. Kronologi adalah pembagian zaman, pengelompokkan peristiwa sejarah berdasarkan ciri khasnya, sedangkan kronik adalah urutan peristiwa sejarah sesuai waktu terjadinya adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban E. Kronologi bertujuan membagi peristiwa sejarah dalam beberapa bidang kajian, sedangkan kronik adalah urutan dinasi-dinasti pemerintahan di Tiongkok adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah C. Kronologi menunjukkan urutan peristiwa yang saling berhubungan, sedangkan kronik hanya sekedar menunjukkan catatan peristiwa-peristiwa tanpa jelas hubungannya.