Waduh! Ternyata Ada Fobia Terhadap Wanita Cantik, Ini Gejalanya

Ketakutan berlebih atau biasa kita sebut fobia mungin sering mengalami sebagian orang, fobia yang dialami seseorang bermacam macam. ada yang sangat takut berhadap barang tertentu, hewan, bahkan sangat takut terhadap sebuah keadaan yang dihadapi.

Namun, baru baru kabarnya ada sebuah fobia yang sangat tidak wajar, yaitu fobia terhadap wanita cantik. sungguh mengherankan bukan kita mendengarnya, tapi ini bukan bercanda karena memang rasa takut yang berlebihan pada perempuan cantik benar benar ada dan bukan hanya ada di sinetron saja.

Fobia ini dijuluki Caligynephobia atau yang juga dikenal dengan Venusstraphobia atau Gynephobia. meskipun mayoritas yang mengalami fobia ini adalah laki laki namun ternyata ada wanita yang mengalami fobia serupa. Untuk membahas hal tersebut berikut ulasannya seperti dilansir dari laman Quora.

 

Gejala

Gejala Caligynephobia dapat bervariasi pada setiap orang, tergantung pada tingkat ketakutanya, karakteristik individu, dan status mental. Secara keseluruhan, fobia ini memiliki gelaja yang harus diwaspadai. Pasalnya mungkin penderita mampu mengalami kesulita dengan lingkungan sosialnya. Seperti merasa tidak nyaman, gugup, bahkan tak mampu berbicara dengan wanita yang dirasa terlalu cantik.

 

Penyebab

Seperti halnya halnya dengan gejala, Caligynephobia dapat disebabkan oleh berbagai hal. Paling sering adalah trauma masa lalu. Caligynephobia dapat muncul dari hubungan yang gagal. Ini dapat menyebabkan ketidakpercayaan pada wanita cantik, yang kemudian bisa berkembang menjadi ketakutan atau fobia terhadap mereka. Tidak hanya itu, fobia ini juga bisa dikarenakan karena mengalami pelecahan pada masa kanak-kanak oleh wanita yang lebih tua.

Lebih lanjut, masalah dengan kepercayaan diri dan harga diri juga dapat mengakibatkan ketakutan pada wanita cantik. Orang-orang yang tidak menganggap diri mereka menarik, sering kali melihat wanita cantik berada di atas mereka. Mereka mengharapkan penolakan dan menghindari sumbernya yakni wanita cantik, yang menyebabkan ketakutan ekstre bagi mereka.

Tentu saja, ini bukan satu-satunya penyebab Caligynephobia. Fobia bisa menjadi kondisi aneh yang terjadi tanpa alasan. Sekali lagi, mereka disebut irasional karena suatu alasan. Seringkali, tidak ada tujuan, penyebab, atau pembenaran nyata bagi mereka.

 

Cara Penyembuhannya

Perawatan untuk fobia juga dapat bervariasi dari satu orang ke orang lain. Tidak dapat memenuhi permintaan bahwa fobia adalah kondisi berbasis psikologis. Oleh karena itu, karena tidak semua manusia yang sama, tidak setiap perawatan akan bekerja setiap saat. Namun, ada beberapa opsi perawatan umum yang dapat dipilih.

Pilihan pengobatan umum untuk fobia termasuk terapi kejut atau paparan, dan obat-obatan. Serta terapi perilaku kognitif untuk mengatasi ketakutan. Pilihan pengobatan lain untuk fobia ini, termasuk terapi kelompok, kegiatan sosial yang juga sejalan dengan terapi pemaparan, peningkatan aktivitas dalam kehidupan berpacaran, peningkatan aktivitas harga diri, praktik interaksi sosial, dan banyak lagi.