jelaskan cara melakukan tangkisan dalam pencak silat

jelaskan cara melakukan tangkisan dalam pencak silat

jawaban

Pada Pencak Silat, terdapat beberapa cara tangkisan yang dapat kita lakukan, di antaranya sebagai berikut:

  1. Tangkisan satu lengan
  2. Tangkisan dua lengan
  3. Tangkisan siku

Pembahasan

Tangkisan dalam Pencak Silat merupakan usaha pembelaan diri untuk menggagalkan serangan dari lawan. Berikut cara melakukan beberapa tangkisan yang dapat dilakukan dalam seni bela diri Pencak Silat:

  1. Tangkisan satu lengan diawali dengan sikap atau posisi kuda-kuda. Selanjutnya kedua tangan siap di depan. Selanjutnya, tangkisan satu lengan dari dalam dapat dilakukan dengan menarik salah satu tangan ke dalam dari arah depan ke luar setinggi bahu kita. Sebaliknya, apabila hendak melakukan tangkisan satu lengan dari luar, maka rentangkan satu tangan dari arah dalam ke luar setinggi bahu. Tangkisan satu lengan juga dapat dilakukan dari arah atas dengan mengangkat satu tangan kita dari bawah guna melindungi bagian kepala dan tangkisan dari arah bawah dengan cara menarik tangan kea rah bawah untuk melindungi bagian kaki. Usahakan posisi tetap seimbang.
  2. Tangkisan dua lengan dilakukan dengan memposisikan kedua lengan berada di depan dada sehingga dapat melindungi bagian dada dari serangan lawan.
  3. Tangkisan siku diawali dengan posisi kuda-kuda, selanjutnya kedua tangan berada di depan. Kemudian tarik salah satu lengan dari depan luar ke arah dalam dan sejajar dengan bahu. Usahakan posisi tubuh kita tetap seimbang.