Cara Ganti Icon Batre dan Sinyal di Android Tanpa Root
Sumber gambar: kupas habis

Cara Ganti Icon Batre dan Sinyal di Android Tanpa Root

Bosan dengan tampilan icon baterai dan sinyal yang itu-itu saja? Kalau begitu, Anda bisa mencoba cara ganti icon batre dan sinyal di android berikut. Tidak masalah apabila masih pemula, karena untuk mengubah tampilan keduanya cukup mudah. Anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga atau dengan mengedit file sistem dengan akses root.

Selain itu, mengganti icon batre dan sinyal di HP android ini juga tidak butuh waktu lama. Sebaiknya Anda yang pemula tidak perlu melakukan root, cukup menggunakan aplikasi di Google Play Store. Karena lebih aman dan mudah tentunya.

Tanpa panjang lebar, berikut cara ganti icon batre dan sinyal di android selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Ganti Icon Batre dan Sinyal di Android

Setidaknya ada 2 metode untuk bisa mengganti ikon batrai di HP android beserta ikon sinyalnya yakni secara otomati dan manual. Seperti yang dijelaskan di atas, menggantinya bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga dan dengan mengakses file sistem dengan rooting HP. Kedua metode tersebut akan dibahas secara lengkap pada artikel ini. Berikut ini cara ganti icon batre dan sinyal di android selengkapnya, yakni:

1. Mengganti Icon Batre dan Sinyal Secara Otomatis

Mengganti Icon Batre dan Sinyal Secara Otomatis
Sumber gambar: tips tutorial

Cara yang pertama ini diklaim sangat mudah dan aman untuk dilakukan, bahkan Anda yang masih awam pun bisa melakukannya. Setidaknya ada 2 aplikasi tambahan yang bisa Anda gunakan untuk menerapkan cara ini, di antaranya aplikasi Exposed Installer dan EX-Themer.

Namun, untuk menjalankan kedua aplikasi tersebut Anda perlu akses root pada HP. Artinya Anda perlu melakukan rooting HP android jika ingin mengganti ikon dari baterai dan sinyal di android. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda install aplikasi Exposed Installer di HP android.
  • Kemudian download aplikasi EX-Themer dan install juga di HP tersebut.
  • Buka apliaksi EX-Themer yang sudah diinstall tersebut.
  • Pada halaman utama aplikasi, Anda masuk ke menu Status Bar Mods.
  • Untuk mengubah icon batre Anda bisa masuk ke opsi Battery Tweaks, kemudian beri centang pada opsi Activate Battery Theme Mods. Selanjutnya Anda klik Choose Theme dan pilih ikon baterai yang ingin digunakan.
  • Sementara untuk mengubah icon sinyal, Anda masuk ke opsi Signal Bar Tweaks dan beri tanda centang di opsi The Theme Signal Bars. Selanjutnya klik Choose Theme dan pilih ikon yang ingin digunakan untuk sinyal di android.
  • Kalau sudah, selanjutnya Anda Reboot atau Restart HP android.

2. Mengganti Icon Batre dan Sinyal Secara Manual

Mengganti Icon Batre dan Sinyal Secara Manual
Sumber gambar: rumahdroid

Untuk cara yang kedua ini bisa dibilang lebih rumit karena Anda akan melakukannya secara manual. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama download dan install aplikasi Root Explore di HP android.
  • Kemudian jalankan aplikasi tersebut dan masuk ke folder Root.
  • Selanjutnya Anda klik pada opsi System dan pilih Priv-App.
  • Di sana Anda dari file yang bernama SystemUI.apk, kemudian pindahkan file tersebut ke kartu SD.
  • Ekstrak dulu SystemUI.apk, lalu masuk ke dalamnya.
  • Sekarang Anda sudah bisa mengubah icon baterai dan sinyal HP. Namun, sebelumnya Anda download dulu icon untuk baterai dan sinyal tersebut di internet, kemudian masukkan ke dalam folder SystemUI.apk yang sudah diekstrak tadi.
  • Lalu ubah lagi folder SystemUI tadi menjadi berformat ZIP. Kemudian ubah namanya menjadi SystemUI.apk agar berubah formatnya seperti semula.
  • Kalau sudah, pindahkan lagi file tersebut ke dalam folder Root seperti semula.

Itulah tadi cara ganti icon batre dan sinyal di android yang mudah dan simpel bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.