Cara Hapus Akun Gmail di Android dengan Cepat 202
Sumber gambar: liputan 6

Cara Hapus Akun Gmail di Android dengan Cepat 2021

Sebagian besar dari kita pasti punya akun Gmail pribadi. Pasalnya akun Gmail ini merupakan akun multi-fungsi, di mana dengan akun tersebut kita juga bisa menggunakannya untuk mengakses layanan dari Google. Misalnya saja Google Play Store, Google Drive, Youtube, dan masih banyak lagi. Bicara tentang Gmail, sudah tahu belum cara hapus akun Gmail di android?

Sebagai pengguna smartphone android, Anda juga wajib memiliki akun Google atau Gmail agar bisa mengoperasikannya secara maksimal. Terkadang kita punya beberapa akun Gmail di HP android dan ingin menghapus salah satu akun tersebut dari perangkat HP. Lantas, bagaimana cara hapus akun Gmail di android tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Hapus Akun Gmail di Android

Ada beberapa cara untuk menghapus akun Gmail dari HP android tersebut. Cara untuk melakukannya juga bisa dibilang sangat mudah, tidak memerlukan step-step yang panjang. Bahkan Anda yang masih pemula pun bisa melakukannya tanpa kesulitan. Adapun cara hapus akun Gmail di android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menghapus Akun Gmail Lewat Aplikasi

Menghapus Akun Gmail Lewat Aplikasi
Sumber gambar: bang wahid

Cara yang pertama untuk menghapus akun Google atau Gmail dari perangkat smartphone, yakni dengan melalui aplikasi Gmail. Cara satu ini diklaim paling mudah, sehingga Anda yang masih awam pun bisa melakukannya. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Pertama Anda buka aplikasi Gmail di HP android. Tidak perlu install, karena aplikasi ini secara default sudah ada di HP berbasis android.
  • Pada halaman utama aplikasi Gmail, selanjutnya Anda klik Foto Profil yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  • Akan ditampilkan list akun Gmail yang login di perangkat android Anda. Kemudian klik pada opsi Kelola Akun di Perangkat Ini.
  • Nantinya Anda akan di bawa ke halaman baru untuk mengelola akun Gmail. Selanjutnya klik salah satu akun Gmail yang ingin Anda hapus dari perangkat HP.
  • Kemudian pada halaman akun Anda klik tombol Hapus Akun.

2. Hapus Akun Gmail Lewat Pengaturan

Hapus Akun Gmail Lewat Pengaturan
Sumber gambar: HP sultan

Selain cara di atas, alternatif lain untuk menghapus akun Gmail atau akun Google dari HP android yakni langsung melalui menu Pengaturan atau Settings. Cara ini hampir sama seperti cara di atas, namun mengaksesnya melalui menu Pengaturan. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Scroll ke bawah, lalu klik pada opsi Akun dan Pencadangan.
  • Selanjutnya Anda klik pada opsi Akun.
  • Di sana akan ditampilkan daftar akun dari berbagai platform, termasuk juga akun Google. Sekarang Anda cari akun yang ingin di hapus, kemudian klik pada akun Google tersebut.
  • Pada halaman berikutnya, Anda klik tombol Hapus Akun.

3. Menghapus Akun Gmail dengan Reset HP

Menghapus Akun Gmail dengan Reset HP
Sumber gambar: HP sultan

Cara yang terakhir ini agak berbeda dengan cara di atas. Di sini Anda akan melakukan reset pada HP sehingga membuat semua data yang tersimpan di memori internet akan terhapus. Jadi, perlu melakukan bakcup data terlebih dahulu jika ingin melakukannya.

Reset HP juga akan mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik sehingga membuatnya seperti HP yang baru dibeli. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Pertama Anda buka menu Pengaturan di HP android.
  • Scroll ke bawah, kemudian klik pada opsi Manajemen Umum.
  • Selanjutnya klik pada opsi Reset.
  • Dan terakhir, klik opsi Reset Data Pabrik.
  • Tunggu sampai proses reset selesai.

Itulah tadi cara hapus akun Gmail di android tanpa aplikasi tambahan yang mudah dan praktis. Semoga informasi di atas bermanfaat.