Cara Hapus File Google Drive Android yang Anti Ribet
Sumber gambar: jalan tikus

Cara Hapus File Google Drive Android yang Anti Ribet

Google Drive merupakan layanan cloud gratis yang disediakan oleh Google untuk para penggunanya. Bagi pengguna biasa, mereka akan langsung mendapatkan penyimpanan cloud Google Drive sebesar 15GB. Pengguna juga memungkinkan untuk upgrade kapasitas penyimpanan menjadi unlimited. Sebagai pengguna, pernahkah Anda berpikir mencoba cara hapus file Google Drive?

Selain bisa mengunggah dan menyimpan berbagai file di Google Drive, terkadang file yang sudah diunggah di Google Drive ingin dihapus untuk memperluas free space-nya. Lantas, bagaimana cara hapus file Google Drive android tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini!

Cara Hapus File Google Drive Android

Untuk menghapus file di Google Drive lewat HP android sebenarnya sangat mudah, bahkan Anda yang masih awam pun bisa melakukannya tanpa kendala. Anda bahkan tidak butuh aplikasi tambahan untuk menghapus file yang sudah diunggah di Google Drive tersebut. Adapun cara hapus file Google Drive android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menghapus File Google Drive Lewat Aplikasi

Menghapus File Google Drive Lewat Aplikasi
Sumber gambar: nesabamedia

Cara yang pertama ini ada yang paling mudah dan praktis untuk dilakukan, bahkan oleh Anda yang masih awam. Langkah-langkahnya pun tidak panjang, hanya beberapa step saja file di android sudah bisa dihapus. Mengenai langkah-langkah selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda buka aplikasi Google Drive di HP android. Tidak perlu menginstall, karena aplikasi Google Drive ini termasuk aplikasi bloatware yang secara default terinstall di perangkat android.
  • Pastikan Anda sudah login menggunakan akun Google yang ingin dihapus file di dalamnya.
  • Pada halaman aplikasi Google Drive, Anda masuk ke menu Drive Saya.
  • Di sana akan ditampilkan list file yang diunggah di akun Google Drive.
  • Cari file yang ingin dihapus, kemudian klik ikon tiga titik yang ada di bagian pojok bawah file tersebut. Selanjutnya klik tombol Hapus.
  • Secara otomatis file tersebut akan langsung dipindahkan ke Tong Sampah.

Sebenarnya file ini tidak benar-benar terhapus, melainkan hanya dipindahkan ke menu Tong Sampah selama beberapa waktu. Namun, jika sudah melewati waktu 30 hari nantinya file tersebut akan terhapus secara permanen.

Perlu Anda tahu, file yang berada di Tong Sampah ini masih memungkinkan untuk Anda Restore atau Kembalikan lagi. Caranya masuk ke Tong Sampah yang ada di bagian menu kiri layar, kemudian klik pada file dan Restore.

Selain itu, file di Tong Sampah tersebut juga memungkinkan untuk Anda hapus secara permanen. Perlu diingat, jika file sudah dihapus secara permanen, maka file tersebut tidak bisa dikembalikan lagi. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Pada halaman utama aplikasi Google Drive, Klik ikon tiga garis yang ada di pojok kiri atas tampilan.
  • Kemudian masuk ke menu Sampah.
  • Di sana Anda bisa melihat file yang sudah dihapus sebelumnya.
  • Klik pada file tersebut, kemudian pilih Hapus Selamanya.

2. Menghapus File Google Drive Tanpa Aplikasi

Menghapus File Google Drive Tanpa Aplikasi
Sumber gambar: leskompi

Untuk cara yang kedua ini bisa dipilih apabila Anda tidak memiliki aplikasi Google Drive di perangkat android. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda buka browser di HP android.
  • Kemudian kunjungi situs Google Drive dan login ke akun Google yang ingin dihapus file unggahannya.
  • Pada menu Drive Saya, Anda klik ikon di pojok bawa file yang ingin dihapus.
  • Kemudian klik tombol Hapus.

Sama seperti cara di atas, file akan langsung dipindahkan ke menu Sampah. Anda bisa memulihkannya lagi atau menghapus secara permanen jika diperlukan.

Itulah tadi beberapa cara hapus file Google Drive di android yang mudah dan praktis. Semoga informasi di atas bermanfaat.