Cara Hide Aplikasi di Android Tanpa Root Terbaru 2021
Sumber gambar: cah deso

Cara Hide Aplikasi di Android Tanpa Root Terbaru 2021

Salah satu kelebihan dari HP android adalah pengguna dibebaskan untuk menginstall aplikasi apapun di dalamnya, selama memori internal masih muat untuk menampung aplikasi tersebut. Aplikasi-aplikasi ini sendiri bisa diinstall melalui Google Play Store atau platform penyedia aplikasi android lainnya. Selain menginstall, pernah berpikir dan mencari tahu cara hide aplikasi di android?

Terkadang pengguna punya privasi tersendiri untuk soal aplikasi yang diinstall di smartphone androidnya. Mereka tidak ingin aplikasi yang diinstall tersebut diketahui oleh orang lain. Solusi terbaiknya bisa dilakukan yakni menyembunyikan aplikasi di HP android tersebut. Sangat mudah untuk menyembunyikan atau hide aplikasi di HP android. Berikut ini cara hide aplikasi di android yang bisa Anda terapkan.

Cara Hide Aplikasi di Android

Setidaknya ada dua cara untuk hidden aplikasi di android, yakni menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi tambahan. Kedua cara ini sama mudahnya dilakukan, tinggal Anda ingin memilih cara yang mana. Adapun cara hide aplikasi di android yang paling mudah dan aman selengkapnya, sebagai berikut:

1. Hide Aplikasi di HP Android Tanpa Aplikasi

Hide Aplikasi di HP Android Tanpa Aplikasi
Sumber gambar: jalan tikus

Cara yang pertama ini bisa dibilang yang paling mudah dan ampuh untuk menyembunyikan aplikasi terinstall di android. Namun, sayangnya tidak semua tipe HP bisa menerapkan cara satu ini. Pasalnya, beberapa tipe HP android belum dibekali dengan fitur App Hidden di dalamnya.

Sebaiknya Anda periksa dulu apakah di smartphone android Anda sudah mendukung fitur tersebut. Di sini akan dicontohkan cara hidden aplikasi di HP Samsung. Kemungkinan fitur ini bisa ditemukan di HP Samsung dengan OS Android 8.0 ke atas.

  • Pertama tekan agak lama pada area kosong pada layar utama HP Samsung hingga muncul beberapa opsi di bawah layar.
  • Kemudian klik pada opsi Pengaturan Layar Depan yang ada di pojok kanan bawah tampilan.
  • Scroll ke bawah, kemudian pilih opsi Sembunyikan Aplikasi.
  • Sekarang Anda pilih aplikasi mana saja yang ingin disembunyikan dari layar depan dan layar menu HP dengan cara memberi tanda centang.
  • Kalau sudah, selanjutnya klik tombol Selesai yang ada di bawah layar.
  • Sekarang aplikasi yang dipilih tadi akan langsung dihilangkan dari layar depan dan layar menu HP. Untuk mengaksesnya Anda perlu menampilkannya lagi melalui halaman yang sama seperti tadi.
VIRAL :  Xiaomi Mi Note 10 vs Oppo Reno | Siapa Yang Terbaik?

Untuk HP merek lainnya kemungikinan tidak beda jauh untuk menyembunyikan aplikasi di dalamnya. Tinggal Anda cari menu App Hide yang disediakan di dalamnya, baik di layar menu ataupun melalui menu Pengaturan.

2. Menyembunyikan Aplikasi Bawaan di Android

Menyembunyikan Aplikasi Bawaan di Android
Sumber gambar: charis

Untuk cara yang kedua ini bisa diterapkan jika yang ingin disembunyikan adalah aplikasi bawaan atau bloatware. Seperti yang kita tahu, aplikasi bawaan android ini kebanyakan tidak bisa dihapus sehingga akan tetap ada di layar menu. Akan tetapi, sekarang Anda sudah bisa menyembunyikannya dengan cara berikut ini.

  • Langkah yang pertama Anda buka menu Pengaturan.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Selanjutnya cari dan klik pada aplikasi bawaan yang ingin disembunyikan.
  • Kemudian klik pada tombol Non-aktifkan.
  • Secara otomatis aplikasi akan hilang dari layar menu HP.

3. Menyembunyikan Aplikasi dengan Microsoft Launcher

Menyembunyikan Aplikasi dengan Microsoft Launcher
Sumber gambar: jalan tikus

Cara yang terakhir ini bisa diterapkan jika di HP android Anda tidak tersedia fitur Hidden App. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Pertama Anda perlu install aplikasi tambahan yang bernama Microsoft Launcher. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.microsoft.launcher&hl=in&gl=US
  • Tampilan antarmuka HP akan berubah, selanjutnya Anda buka App Drawer yang ada di bawah layar.
  • Klik ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas layar, lalu pilih Hidden Apps.
  • Pada halaman Hidden Apps, selanjutnya Anda klik tombol Hide App.
  • Sekarang Anda pilih aplikasi yang ingin disembunyikan dengan memberi tanda centang.
  • Jika sudah, selanjutnya klik tombol Confirm.

Itulah tadi cara hide aplikasi di android dengan dan tanpa aplikasi tambahan yang mudah dan praktis. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Kata Kunci : apk hiden opsi pengembang -

DAFTAR ISI