Cara Menghapus Akun Instagram secara Permanen

Instagram adalah salah satu platform media sosial yang cukup populer saat ini, baik bagi masyarakat pada umumnya hingga masyarakat kelas atas sekalipun. Instagram, selain dapat menjadi media bisnis, juga sering digunakan untuk berbagi konten menarik. Dibalik populernya Instagram dan trend munculnya profesi selebgram, ada sebagian pengguna yang ingin tahu cara menghapus akun Instagram.

Jika Anda adalah salah satu pengguna instagram yang memanfaatkannya untuk kebutuhan-kebutuhan selain bisnis yang serius, mungkin Anda juga tak jarang merasakan bagaimana besarnya efek kecanduan yang diakibatkan oleh aplikasi ini. Banyaknya konten yang menarik hingga fitur-fitur yang mampu memberikan hiburan instan kepada penggunanya adalah beberapa faktor yang kerap membuat penggunanya rela menghabiskan banyak waktu untuk berselancar di platform satu ini.

Nah, salah satu solusi agar bisa lepas dari kecanduan itu adalah mengetahui bagaimanacara menghapus akun instagram secara permanen.

Cara Mengahapus Akun Instagram Secara Permanen

Namun, perlu diketahui juga terlebih dahulu bahwa akun yang telah dihapus tidak dapat dipulihkan lagi keberadaanya. Anda juga tidak dapat menggunakan username yang sama, jika suatu saat Anda ingin membuat akun instagram yang baru.

Untuk itu, perlu kiranya dipikirkan juga matang-matang jika ingin melakukan hal ini, terutama jika akun Anda cukup intens digunakan untuk berhubungan dengan orang-orang terdekat. Akan tetapi, tidak ada salahnya juga jika Anda mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara menghapus akun instagram secara permanen melalui beberapa langkah berikut:

  1. Pertama-tama, silahkan login terlebih dahulu melalui akun instagram Anda yang masih aktif.
  2. Masuk ke menu Settings yang bisa ditemukan pada 3 garis mendatar di bagian kanan atas halaman profil instagram.
  3. Setelah itu, pilih opsi Help lalu Help Center, hingga Anda diarahkan ke situs website pada saat itu juga.
  4. Pada halaman website tersebut, pilih opsi ‘Mengelola Akun Anda’ pada bagian Pusat Bantuan, lalu pilih ‘Hapus Akun Anda’
  5. Baca dan pelajarilah terlebih dahulu keterangan tentang konsekuensi yang akan terjadi ketika melakukan penghapusan akun.
  6. Anda kemudian akan diminta untuk memverifikasi kebenaran akun Anda dengan cara login ke akun yang ingin dihapus.
  7. Silahkan pilih alasan yang sesuai dengan tujuan pengajuan Anda pada kolom “Mengapa Anda menghapus akun Anda’.
  8. Setelah memilih alasan yang sesuai, silahkan pilih ‘Hapus akun saya secara permanen’ yang ditampilkan oleh pihak instagram untuk mengakhiri proses pengahapusan akun instagram milik Anda.
VIRAL :  Download WhatsApp Aero APK, Anti Banned

Cara menghapus akun instagram secara permananen seringkali menjadi solusi tersendiri bagi beberapa orang yang sudah merasa tidak nyaman dengan aplikasi satu ini.

Pada dasarnya, hal tersebut bukanlah hal yang terlalu berlebihan, sebab algoritma media sosial tersebut seakan-akan telah dirancang untuk menciptakan dan menghadirkan informasi yang alih-alih kita butuhkan, namun sebenarnya hanya sekedar menarik perhatian.

Dengan mengahapusnya secara permanen, Anda tentu saja masih bisa membuat akun instagram lainnya yang bisa Anda lebih kendalikan penggunaannya untuk hal-hal yang lebih berguna dan yang memang dibutuhkan.

Menonaktifkan Akun Instagram Sementara

Apabila Anda belum merasa yakin untuk menghapusnya secara permanen, maka bisa memulai dengan menonaktifkan sementara. Yaitu bisa login ulang setelah beberapa waktu. Ikuti tutorial berikut:

  • Buka laptop atau PC, kemudian login ke website Instagram
  • Klik icon Profil (pojok kanan atas), klik Profil dan pilih opsi edit Profil
  • Scroll ke bawah dan pilih Nonaktifkan sementara akun (pojok kanan bawah)
  • Isi kolom Mengapa Anda menonaktifkan akun?  dan isi password
  • Pilih Nonaktifkan Akun Sementara
  • Selesai

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai cara hapus akun Instagram permanen dan sementara. Semoga bermanfaat.