Apa Itu Gerhana Bulan Penumbra? Begini Penjelasannya
Sumber gambar: tribun

Apa Itu Gerhana Bulan Penumbra? Begini Penjelasannya

Jika berbicara mengenai gerahana, tentu anda sudah tidak asing lagi dengan fenomena alam yang jarang terjadi ini. gerhana bisa diartikan sebagai fenomena astronomi yang terjadi apabila sebuah benda angkasa bergerak kedalam angkasa lain.

Indonesia juga sering mendapatkan fenomena tersebut dengan gerhana matahari dan gerhana bulan, namun tahukah kamu dengan gerhana bulan penumbra? mungkin bagi anda gerhana bulan penumbra ini masing terdengar asing ditelinga. Untuk itu yuk kita bahas dibawah ini.

Gerhana Bulan Penumbra merupakan kondisi di mana seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra Bumi. Penumbra lebih lanjut merupakan bayangan kabur yang terjadi pada saat terjadi gerhana atau lebih tepatnya terjadinya bayangan benda gelap Bulan. Sehingga, pengamat dapat mengamati Bulan yang terlihat lebih suram atau abu-abu.

Gerhana Bulan Penumbra pertama di tahun ini terjadi pada 11 Januari 2021 dini hari. Fenomena akan terjadi mulai pukul 00.57 WIB. Puncak fenomena ini diperkirakan akan terjadi pada pukul 02.10 WIB. Kemudian, fenomena ini berakhir sekitar pukul 04.14 WIB. Sehingga proses terjadinya Gerhana Bulan Penumbra hingga berakhir berlangsung selama 3 jam 27 menit.