Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root dengan Benar
Sumber gambar: ponsel

Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root dengan Benar

Memperbaiki baterai HP android dengan cara mengkalibrasi menjadi salah satu hal yang penting untuk diketahui. Pasalnya, ini merupakan metode yang berfungsi memperbaiki error pada indikator persentase baterai. Tidak masalah apabila Anda belum mengetahuinya, maka akan dijelaskan tentang cara kalibrasi baterai android dengan benar.

Fungsi kalibrasi sendiri adalah untuk mengatur ulang persentase baterai, agar dapat menampilkan data yang lebih akurat. Cara kalibrasi baterai dibawah ini berlaku bagi semua tipe dan merk HP. Samsung, Xiaomi, OPPO, Vivo, ASUS, Lenovo, Sony, Advan, dan lainnya, semuanya bisa. Simak ulasannya dibawah ini.

Cara Mudah Kalibrasi Baterai Android Tanpa Aplikasi

Cara Mudah Kalibrasi Baterai Android Tanpa Aplikasi
Sumber gambar : suatekno

Langkah pertama silahkan gunakan hp kalian sampai baterainya benar-benar habis, dan akhirnya hp mati dengan sendirinya. Setelah itu restart HP anda hingga masuk ke sistem. Kemudian nanti HP akan mati sendiri lagi karena tidak punya daya yang cukup.

Saat ponsel mati, sambungkan charger, tunggu hingga indikator menunjukkan angka 100%. Setelah baterai penuh, hidupkan kembali ponsel anda. Harap periksa status baterai, jika belum ditampilkan 100%, maka isi daya lagi hingga penuh.

Gunakan kembali ponsel anda hingga baterai benar-benar habis kembali, dan ponsel mati sendiri. Isi kembali baterai hingga indikator 100%, dan hidupkan kembali. Seharusnya, nanti status baterai akan menyesuaikan dan mereset secara otomatis.

Cara ini dilakukan tanpa aplikasi pihak dan tanpa root, cara ini juga bisa dilakukan di semua merk atau tipe HP. Namun kekurangannya, cara ini relatif lebih memakan waktu.

Aplikasi Kalibari Baterai Terbaik (Tanpa Root)

Aplikasi Kalibari Baterai Terbaik (Tanpa Root)
Sumber gambar: semutimut

Silakan cari dan instal aplikasi Easy Battery Calibration terlebih dahulu. Berikan izin akses sistem untuk aplikasi. Setelah itu, isi daya ponsel hingga baterai terisi 100%. Klik tombol Calibrate, lalu cabut charger dari ponsel anda. Sebenarnya di Playstore sudah tersedia berbagai jenis aplikasi kalibrasi baterai android.

Bagaimana Cara Kalibrasi Baterai Android dengan Aman?

Dengan Aplikasi Battery Calibration (Root)

Cara ini masih mirip dengan cara sebelumnya. Namun aplikasi kalibrasi baterai ini untuk HP root. Pertama iInstall dulu aplikasi Battery Calibration, lalu buka aplikasinya. Isi daya baterai HP anda. Tunggu hingga indikatornya 100%. Ketuk tombol Kalibrasi. Setelah itu lepas kabel charger. Aplikasi ini juga cocok untuk anda yang baru saja melakukan flash ulang dan sudah di root.

Melalui Pemulihan (CWM / TWRP)

Metode ini dilakukan secara khusus melalui pemulihan kustom (CWM / TWRP). Jadi, itu hanya bisa digunakan untuk ponsel yang sudah dalam keadaan root, dan sudah menginstal pemulihan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, matikan ponsel anda.
  • Setelah itu, masuk ke recovery mode.
  • Caranya tekan tombol power + volume naik + volume turun secara bersamaan (tekan dan tahan).
  • Jika demikian, cari menu Lanjutan> Kemudian cari opsi Hapus Statistik Baterai atau Hapus Statistik Baterai. Tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Setelah itu matikan ponsel.
  • Isi baterai hingga 100%. Jika sudah, silakan hidupkan kembali.
  • Gunakan HP sampai baterai habis. Jika demikian, isi daya lagi hingga 100%. Kalibrasi Baterai HP melalui Pemulihan

Waktu yang Tepat untuk Kalibrasi Baterai

Kalibrasi baterai HP nyatanya tidak harus dilakukan secara rutin atau berkala. Terlebih lagi jika ponsel tersebut aman. Namun, berbeda jika ponsel anda mengalami masalah berikut ini:

  • HP sering mati tiba-tiba.
  • HP dicastetapi persentasenya berkurang.
  • Status baterai sering
  • Baterainya cepat habis

Sekian ulasan tentang cara kalibrasi baterai android dengan aman, semoga bermanfaat.