Cara Melihat Kecepatan WIFI di Android dengan Aplikasi

Internet seolah menyatu dengan kehidupan kita sehari-hari, yaitu memudahkan berbagai macam pekerjaan. Berkat jaringan internet yang cepat, maka aktivitas di dunia maya juga semakin mudah dan nyaman untuk terus berselancar. Bicara soal internet, pasti tidak lepas dari yang namanya WiFi. Nah, untuk memastikan apakah jaringan tersebut stabil atau tidak, yuk dicoba cara melihat kecepatan WIFI di android.

Selain bisa menggunakan berbagai website untuk mengetahui kecepatan internet, ternyata PlayStore juga menyediakan berbagai aplikasi untuk mengecek kecepatan internet. Anda hanya perlu mendownload dan menginstal aplikasinya. Berikut ini adalah daftar aplikasi yang dapat anda gunakan untuk mengetahui kecepatan internet di android.

Cara Melihat Kecepatan WiFi di Android

Speedtest Ookla

Speedtest Ookla
Sumber gambar: download crew

Seperti diketahui bahwa Speedtest juga hadir di website untuk mengecek kecepatan internet di PC / laptop. Aplikasi Speedtest kali ini hadir dalam bentuk aplikasi Android. Anda dapat mengetahui kecepatan unduh serta mengunggah.

Padahal, hasil yang ditampilkan merupakan hasil real time. Tak ketinggalan, Speedtest ini juga memberikan hasil berapa ping yang ada di internet anda. Anda perlu mengklik “Begin Test” dan tunggu proses Speedtest memeriksa kecepatan internet anda.

V-SPEED Speed Test

V-SPEED Speed Test
Sumber gambar: apk download

V-SPEED Speed ​​Test juga hadir sebagai aplikasi untuk mengecek kecepatan internet di HP. Aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 200.000 kali di PlayStore ini menawarkan cara mudah untuk mengecek kecepatan internet ponsel anda.

Dengan aplikasi ini, anda akan mendapatkan hasil tes kecepatan internet berupa kecepatan unduh dan unggah. Padahal, aplikasi V-SPEED Speed ​​Test menyediakan fasilitas untuk mencari sinyal WiFi juga.

Cara Melihat Kecepatan WiFi lewat Speed Test

Cara Melihat Kecepatan WiFi lewat Speed Test
Sumber gambar: gadgetren

Tak mau kalah dari para pesaingnya, Cheetah Mobile juga telah mengembangkan aplikasi untuk mengetahui kecepatan internet. Aplikasi ini diberi nama Speed ​​Test. Dalam aplikasinya, Speed ​​Test mampu mengecek kecepatan internet secara real-time.

Anda akan mendapatkan hasil kecepatan internet berupa kecepatan download, kecepatan upload dan juga berapa banyak ping yang dilakukan oleh internet. Selain itu, Speed ​​Test mampu mengecek kecepatan internet WIFi di sekitar anda.

Fast Speed Test

Ingat situs web diatas bernama Fast net? Nah, Fast net ini sekarang sudah tersedia sebagai aplikasi untuk mengetahui kecepatan internet. Aplikasi ini dikembangkan oleh Netflix dengan nama Fast Speed ​​Test. Tidak jauh berbeda dengan versi webnya.

Dengan aplikasi FAST Speed ​​Test ini, anda hanya perlu menunggu hasil proses tes kecepatan internet. Secara otomatis hasil kecepatan internet akan muncul dalam bentuk kecepatan download yang akurat.

Internet Speed Test

Dengan satu klik anda dapat langsung mengetahui seberapa cepat internet anda. Begitulah cara kerja aplikasi Internet Speed Test. Aplikasi besutan Yuhi Development, LLC ini menawarkan fasilitas berupa pengecekan kecepatan internet.

Caranya sangat mudah, pertama-tama anda harus menginstall aplikasi Internet Speed ​​Test. Kemudian anda bisa masuk ke aplikasi dan klik “Perform” untuk mengetahui kecepatan internet. Anda hanya perlu menunggu dan Tes Kecepatan Internet akan memberi anda hasilnya dengan cepat.

Demikian berbagai cara untuk mengetahui kecepatan internet di ponsel android diatas. Semua metode yang telah dibahas sangat mudah dan tidak rumit. Rata-rata hanya butuh satu klik dan hasil kecepatan internet langsung muncul.

Jadi mau coba cara mana? Sekian ulasan tentang cara melihat kecepatan WIFI di android, semoga bermanfaat. Bisa mencobanya satu per satu dan membuktikan sendiri metode paling gampang.